Spanyol Kalahkan Prancis di Persahabatan, Gol Griezmann Jadi Perhatian Netizen

Spanyol Kalahkan Prancis di Persahabatan, Gol Griezmann Jadi Perhatian Netizen

Sumber foto: cnnindonesia / pojoksatu

Dalam laga persahabatan, Prancis harus mengaku ketangguhan Spanyol dengan skor 2-0. Gol Spanyol dicetak oleh David Silva melalui eksekusi penalti pada menit ke-68. Gol kedua Spanyol dicetak oleh Gerard Deulofeu pada menit ke-77 berkat assist dari bek sayap La Roja, Jordi Alba.

Pada laga yang dihelat di Stade de France, Selasa (28/3) itu terjadi sebuah momen unik. Hal itu tak lain adalah dianulirnya gol Antoine Griezmann oleh wasit. Gol itu dianulir karena posisi pemain Prancis, Lavyin Kurzawa berada dalam posisi offside yang juga aktif menyambut umpan silang dan meneruskan bola dengan sundulannya ke Griezmann dan disundul masuk ke gawang Spanyol.

Suporter tuan rumah yang sempat bersorak kegirangan pun terdiam ketika Zwayer menganulir gol tersebut ke gawang David de Gea. Dianulirnya gol tersebut ternyata bukan dari keputusan wasit. Wasit sempat mengesahkan gol tersebut. Namun beberapa saat kemudian ia membatalkannya. Gol itu dianulir lewat bantuan video assistant referee (VAR).

Dianulirnya gol Griezmann itu pun juga ramai diperbincangkan di media sosial twitter. “Video technology was just used to disallow Griezmann’s goal for being offside. Probably took about 40 seconds to conclude.” tulis pengguna twitter dengan akun @TheSoccerCo yang menyebut butuh waktu untuk membuat kesimpulan terhadap gol Griezmann.

Pemilik twitter dengan akun @Doc_Joshi mempertanyakan kapan kebijakan penggunaan VAR diberlakukan dalam pertandingan. “Griezmann goal disallowed for a marginal offside using a video replay. When did they start doing that? Did the French players ask for it?”

Ada juga pengguna twitter yang memuji teknologi yang diterapkan pada laga persahabatan Prancis melawan Spanyol semalam itu. “when this goal by Antonie Griezmann was rightly ruled out, was this the birth of the VAR? It has worked to good effect tonight… #FRAESP,” tulis akun @c21attridge95.

VAR adalah sebuah sistem yang membantu wasit dalam mengambil keputusan dengan melihat tayangan ulang insiden. Penggunaan VAR sudah disetujui FIFA sejak tahun lalu dan melakukan debut di Piala Dunia Antarklub 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend