Susul Persipura, Persib Bandung Akan Dibubarkan, Netizen Tuntut Menpora Tanggung Jawab

Persib Bandung akan dibubarkan – sumber foto: Istimewa

Setelah sebelumnya publik pecinta sepakbola tanah air dikejutkan dengan kabar pengumuman pembubaran klub sepakbola Persipura pada Jumat 5 Juni 2015 lalu, kini giliran klub dari kota kembang Persib Bandung mengumumkan akan membubarkan diri. Hal ini disampaikan Manajer Persib Umuh Muchtar pada Sabtu 6 Juni 2015 kemarin.

Umuh menyebut tidak adanya agenda kompetisi membuat manajemen Persib Bandung kemungkinan besar akan memutus kontrak seluruh pemain. Dia juga menambahkan menyatakan manajemen sudah berusaha keras untuk mempertahankan komposisi pemain yang ada sekarang. Namun kisruh sepak bola di dalam negeri dan diperparah oleh jatuhnya sanksi FIFA, ditambah tersingkirnya Persib dari persaingan di AFC Cup mau tak mau membuat manajamen harus melakukan langkah penyelesaian kontrak.

Dikutip dari Antaranews.com, “Sebenarnya belum ada pembicaraan lebih lanjut diantara pengurus seperti apa kelanjutan tim ini, apakah dipertahankan atau dibubarkan,” sebut Umuh. Lebin lanjut Manajer Persib Bandung ini mengatakan “Namun kalau tim yang ada sekarang dipertahankan, sepertinya sulit karena kompetisinya sendiri tidak jalan. Dalam satu bulan saja kita total harus mengeluarkan dana sekitar Rp1 miliar untuk gaji. Jadi akhir bulan ini kemungkinan besar tim akan diistirahatkan.”

Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman tak bisa berbuat banyak dan hanya bisa menerima keputusan manajemen. Mantan pemain nasional era 80-90’an ini menyatakan “Kalau manajer sudah memutuskan itu, ya.. Kami ikut.”

Sementara itu, pemain asing Persib Bandung asal Mali, Makan Konate sudah betah bersama Persib Bandung. Ia sangat sedih ketika mendengar kabar para pemain Persib akan diistirahatkan. Dikutip dari Metrotvnews.com, Makan menyebut “Persib adalah tim yang hebat dan solid, saya sangat betah di Persib dan saya tidak mau pindah ke klub lain selain Persib.”

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas rencana pembubaran Persib Bandung akhir bulan Juni ini? Simak rangkuman redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 7 – 8 Juni 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat total 7.710 tweet membicarakan rencana pembubaran Persip Bandung. Dari jumlah tersebut, sebanyak 917 tweet menyebut akhir Juni 2015, atau saat bulan puasa Persib akan dibubarkan.

Netizen menyoroti sikap pelatih dan para pemain Persib Bandung yang menyatakan pasarh atas rencana manajemen untuk membubarkan klub kebanggaan masyarakat Bandung dan Jawa Barat ini. Sebanyak 1.539 tweet menyoroti hal ini. Netizen menyatakan kekecewaan atas pembubarakan ini. Menurut netizen sebaiknya manajemen tidak hanya berpikir soal keuangan semata dan lebih memikirikan nasib pemain dan juga perasaan para fans Persib. Terdapat 1.484 tweet menyatakan hal ini.

Lebih lanjut, netizen mewakili para bobotoh, alias fans die hard Persib Bandung meminta Umuh Muchtar dan jajaran manajemen Persib untuk membatalkan rencana pembubaran. Lewat 2.675 tweet netizen meminta manajemen tetap mempertahankan keberadaan Persib Bandung.

Yang tak kalah menarik adalah, banyaknya netizen yang menyebut Menpora sebagai pihak yang harus bertanggungjawab. Mereka menyatakan keputusan Imam Nahrawi untuk membekukan PSSI dan semua kompetisi yang diselenggarakannya menjadi penyebab pembubaran Persib Bandung setelah sebelumnya Persipura melakukan hal serupa.

***

 

6 thoughts on “Susul Persipura, Persib Bandung Akan Dibubarkan, Netizen Tuntut Menpora Tanggung Jawab

  1. @maulidiaku

    makanya supsidi atlit – atlit indonesia yang kencang dong biar pada semangat mainnya gi mana mau menang kalo atlit – atlitnya cuma makan nasi sama tempe, giliran kalah terus di bubarkan nampaknya pak presiden harus berpikir paanjang sebelum mensetujui pembubaran sepak bola” indonesia

    Reply
  2. empi

    saya liat di tv2 ada beberapa pemain yang digaji 3ribu rupiaj sekali main, di klub antar kampung….(bagaimana dengan pemain yang punya angsuran dan biaya nafkah keluarga???)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend