Agus Rahardjo Bakal Mundur Jika Revisi UU KPK Tetap Berlangsung, Netizen Apresiasi

Agus Rahardjo Bakal Mundur Jika Revisi UU KPK Tetap Berlangsung, Netizen Apresiasi

Revisi UU KPK yang dicanangkan oleh DPR, membuat Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo angkat bicara. Saat menghadiri acara Tokoh Lintas Agama, Misi Kerukunan Agama untuk Melawan Korupsi di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Minggu 21 Februari 2016.

Dalam pernyataannya, Agus Raharjo mengatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya jika revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetap dilakukan oleh DPR. Menurut dia, diperlukan langkah yang lebih konkret dalam perlawanan korupsi karena kondisi sudah darurat.

Pernyataan yang dilontarkan pria kelahiran Magetan, Jawa Timur tersebut, membuat namanya masuk dalam jajaran trending topic twitter malam tadi. Dari pantauan redaksi eveline, sebanyak 2.649 kicauan yang mengomentari pernyataan ketua KPK tersebut, pada periode 21 Februari 2016.

Seorang netizen bernama Agung Suprio, memberikan apresiasi terhadap pernyataan Agus Rahardjo tersebut. Lewat akun twitternya @suprioagung yang menyuarakan “sikap mr agus raharjo yg siap mundur dari ketua kpk jika revisi uu kpk dilanjutkan, layak diapresiasi. Moga dpr n presiden denger.”

Perlu diketahui, terdapat empat poin yang ingin dibahas dalam revisi UU KPK, yakni pembatasan kewenangan penyadapan, pembentukan dewan pengawas, kewenangan KPK dalam menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) serta kewenangan rekrutmen penyelidik dan penyidik.

Beberapa kalangan menganggap bahwa empat poin tersebut akan melemahkan KPK, sehingga penolakan revisi UU KPK oleh pegiat antikorupsi, akademisi serta tokoh agama santer disuarakan, mereka juga mendesak pemerintah menolak revisi UU KPK oleh DPR.

Seorang netizen malah beranggapan bahwa sikap ketua KPK, juga harus diikuti oleh empat wakil ketua KPK yang saat ini menjabat. Seperti kicauan @amrin1215 “Sikap pak Agus Raharjo seharusnya jg diikuti pimpinan @KPK_RI yg lainnya utk mngundurkan diri jk UU Kpk direvisi,mari kt dukung dn doakn..”. Puncak perbincangan mengenai hal ini terjadi pada pukul  17.00 WIB, dengan kicauan mencapai 695 tweet.

Penolakan terhadap revisi UU KPK yang dilakukan oleh DPR, juga diungkapkan Indonesia Corruption Watch (ICW). Melalui perwakilannya, Adnan mengatakan revisi UU KPK yang dicanangkan DPR hanya sebagai agenda dari sejumlah elite partai politik maupun pihak-pihak yang tidak senang terhadap sepak terjang KPK.

***

Loading...

3 thoughts on “Agus Rahardjo Bakal Mundur Jika Revisi UU KPK Tetap Berlangsung, Netizen Apresiasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend