Amien Rais Terbukti Tidak Terlibat Dana Alkes, Netizen: Pembunuhan Karakter

JPU KPK Sebut Amien Rais Terima Aliran Dana Kasus Korupsi Siti Fadilah, Netizen Ramai Berkomentar

Foto: Istimewa

Majelis hakim perkara korupsi mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari menyatakan, uang Rp 600 juta ke mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Amien Rais tidak terkait pengadaan alat kesehatan (alkes) buffer stock anggaran Kementerian Kesehatan 2005.

“Menimbang bahwa mengenai uang yang ditransfer kepada Sutrisno Bachir dan Amien Rais tersebut tidak dapat dipastikan uang tersebut berasal dari proyek alkes atau bukan, maka majelis hakim tidak mempertimbangan lebih lanjut karena tidak relevan dengan perkara terdakwa Siti Fadilah Supari,” kata hakim Diah Siti Basariah dalam sidang pembacaan vonis di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jumat.

Meski demikian hakim menyetujui fakta-fakta hukum yang disampaikan jaksa penuntut umum KPK yang menyatakan adanya aliran dana ke Amien Rais dari Sutrisno Bachir Foundation (SBF). Terhadap putusan tersebut maka ketua tim Jaksa Penuntut Umum Ali Fikri menilai bahwa KPK bisa mengembangkan kasus tersebut ke perkara lain.

Menanggapi pernyataan Majelis Hakim tersebut netizen pun ramai memberikan pendapatnya. Netizen beramai-ramai membenarkan pendapat bahwa memang ada upaya untuk melakukan pembunuhan karakter tokoh reformasi tersebut.

Sementara, putri Amien Rais, Hanum Rais menyebutkan hal ini merupakan fitnah yang dilancarkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap ayahnya. Melalui akun twitternya @hanumrais, ia pun mencuit “Fitnah @KPK_RI sdh terjadi.Tak akan terkoreksi.Namun demikian🙏🏾🙏🏾 Pak Hakim. Amien Rais Tak Terkait Korupsi Siti”.

Seperti diketahui, Aliran uang ke Amien Rais terungkap di sidang pembacaan tuntutan terhadap Siti, pada Rabu (31/5). KPK menduga Siti melakukan praktik korupsi dalam pengadaan alkes. Seharusnya, alkes disiapkan untuk mengantisipasi Kejadian Luar Biasa Tahun 2005 pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan Depkes.

Siti, menurut KPK, mengarahkan proyek dengan cara menerbitkan surat rekomendasi Penunjukan Langsung terhadap PT Indofarma Tbk. Surat itu menjadi perintah bagi Mulya A. Hasjmy, bawahan Siti yang menjadi kuasa pengguna anggaran dan pejabat pembuat komitmen proyek alkes.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend