Berbeda dengan GRP, Elektabilitas Ahok- Djarot Melesat di Survei Litbang Kompas

Sumbangan Dana Kampanye Ahok- Djarot Tembus Rp 27 M, Netizen: Sumbangan Taipan?

Sumber foto: Istimewa

Litbang Kompas melakukan survei terkait Pilgub DKI 2017. Hasilnya, elektabilitas paslon Ahok- Djarot menempati posisi teratas dengan perolehan 36,2%. Diposisi kedua ada pasangan Anies- Sandi dengan capaian elektabilitas sebesar 28,5%. Menguntit dibelakang mereka, ada Agus- Sylvi dengan elektabilitas mencapai 28,2%. Sementara itu, responden yang belum menentukan pilihannya (undecided voters) sebanyak 7,1 persen.

Survei yang dilakukan pada 28 Januari-4 Februari 2017 itu memperlihatkan bahwa elektabilitas Agus-Sylvi menurun, sementara Ahok-Djarot dan Anies-Sandi meningkat. Pada survei sebelumnya, elektabilitas Agus-Sylvi 37,1%, Ahok-Djarot 33% dan Anies-Sandi 19,5%.

Hasil survei Litbang Kompas ini pun ramai mendapat komentar di media sosial twitter. “Partai2 Pengusung si Penista Agama smua sdh Rontok di DKI. Jadi klo ad survei Litbang Kompas yg rilis ahok urutan-1. ITU MANIPULASI, TIPUAN,” kicau pengguna twitter dengan akun @S0N_2000 yang menyebut survei Kompas ini telah dimanipulasi.

Berbeda dengan komentar pemilik akun @putrirosalina yang menyebut survei ini pasti bisa dipercaya. “Litbang Kompas gak sembarangan melakukan survei dan tanpa intervensi dr pihak siapapun .”

Ada juga pengguna twitter yang menyebut survei ini membuat para paslon ketar- ketir. “Hasil survei Litbang Kompas #PilgubDKI bikin ketar-ketir. Masih seminggu, para paslon masih bisa manuver untuk menggerakkan elektabilitas,” tulis akun @PicalG.

Dikutip dari Tribunnews, Survei Litbang Kompas ini dilakukan secara tatap muka terhadap 804 responden minimal berusia 17 tahun yang tersebar di enam kota/ kabupaten di Jakarta. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis dari daftar pemilih tetap (DPT) DKI Jakarta. Survei menggunakan metode ini pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error (nirpencuplikan penelitian) lebih kurang 3,46 persen.

Survei Litbang Kompas ini justru berbeda dengan survei yang dilakukan GRP. Sebelumnya diberitakan bahwa Lembaga survei Grup Riset Potensial (GRP) merilis hasil survei terkait elektabilitas para cagub- cawagub DKI Jakarta.

Elektabilitas Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni jauh di depan para pesaingnya yakni mencapai 47%. Sementara itu, dibawah Agus- Sylvi ada paslon Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dengan perolehan elektabilitas sebesar 25%.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend