Demo Mahasiswa di Hari Sumpah Pemuda, Netizen Simak Aksi #SidangRakyat di Istana Negara

Memperingati satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, ribuan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI), menggelar demo mahasiswa di depan Istana Negara Jakarta bersama rakyat buruh, Rabu (28/10). Mahasiswa dari beberapa kampus dari seluruh Indonesia akan mendatangi Istana Negara, untuk melakukan kuliah di jalan yang mereka beri tajuk #SidangRakyat dimana akan disampaikan tuntutan dan diputuskan vonis terhadap kinerja Jokowi-JK selama setahun.

Koordinator Pusat BEM-SI, Bambang Irawan mengatakan aksi unjuk rasa yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda ini, adalah momentum yang sudah lama dinantikan mahasiswa. Dalam aksinya, BEM-SI akan mempertanyakan konsistensi pemerintahan Jokowi-JK yang dalam kampanyenya mendorong ekonomi pro rakyat. Ekonomi pro rakyat yang dicanangkan Jokowi-JK dianggap banyak keblunderan dan tidak menguntungkan ‘wong cilik’ dalam beberapa kebijakan yang dikeluarkannya.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas aksi demo BEM-SI di Istana Negara melalui hashtag #SidangRakyat? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 28 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 7.778 tweet membicarakan tentang aksi demo BEM-SI di Istana Negara melalui #SidangRakyat.

Kampus-kampus yang hadir dan tergabung dalam aksi unjuk rasa BEM-SI antara lain dari Universitas Negeri Lampung, Sekolah Tinggi Perusahaan Listrik Negara, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Solo, Institut Teknik Surabaya, Universitas Ahmad Dahlan, dan lain-lain. Netizen mencuitkan 1.756 kicauan yang menyebutkan seluruhnya berjumlah 3000 orang yang datang dari 39 kampus.

Aksi i#SidangRakyat yang dilakukan oleh aliansi BEM Se-Indonesia memang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Melalui pantauan pada linimasa twitter, mahasiswa memang sudah melakukan konsolidasi untuk menjalankan aksi Sidang Rakyat. Hari ini, mahasiswa membuktikan janjinya untuk menjalankan aksinya di depan istana Negara, bertepatan dengan hari sumpah pemuda.  Redaksi eveline.co.id mencatat konsistensi Mahasiswa ini mendapatkan respon pembicaraan dari Netizen di ranah twitter sebanyak 1.183 tweet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend