Dinonaktifkan Sebagai Jubir Partai Demokrat, Netizen Sebut Ruhut ‘loyal sama Jokowi”

Demokrat

(Sumber foto: www.jpnn.com/ www.merdeka.com)

Politikus Partai Demokrat yang dikenal sebagai salah satu pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ruhut Sitompul, dinonaktifkan oleh sang Ketua Umum, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).  Penonaktifan itu disampaikan melalui pesan singkat (SMS) SBY kepada Ruhut.

Ada 4 poin dalam SMS itu, salah satunya langsung menyebut “menonaktifkan Saudara sebagai koordinator Jubir PD”.  “Melalui sistem yang belaku di PD saya mempertimbangkan tindakan yang tepat untuk saudara. Dan untuk sementara saya menonaktifkan kedudukan saudara sebagai koordinator Jubir PD”. Tulis SBY melalui pesan singkatnya kepada Ruhut.

Ruhut sudah mengonfirmasi SMS tersebut. Meski demikian, dia menganggap hal ini disebabkan karena banyak orang yang memang ingin dirinya dipecat dari Partai Demokrat.  Sejak dia mendukung Jokowi, memang sudah muncul permintaan agar Ketum PD SBY memecatnya dari partai. “Ha ha ha orang2 stresssssssss yg ketakutan melihat Aku di Partai Demokrat maunya Aku dipecat dari PD, ka’cian deh apa Pak SBY berani PECAT,” tulis Ruhut melalui akun Twitternya, @ruhutsitompul.

Permintaan pemecatan itu sendiri makin santer setelah Ruhut belakangan ini secara terbuka mendukung Ahok di Pilgub DKI 2017. “Aku ini mirip Ahok. Makin digituin aku makin besar,” imbuh Ruhut. Bahkan Ruhut menegaskan dirinya tetap akan mendukung cagub DKI incumbent Basuki Tjahaja Purnama, meski telah dinonaktifkan.  “Aku tetap dukung Ahok,” kata Ruhut saat dihubungi, Senin (22/8/2016).

Pantauan redaksi eveline mendapati ragam komentar netizen terkait Ruhut Sitompul dipecat SBY sebagai jubir Partai Demokrat di media sosial twitter. Berikut komentar netizen pada linimasa twitter.

“Mungkin Pak SBY cemburu, karena melihat Ruhut Sitompul loyal sama Jokowi. Sedangkan PD adalah partai penyeimbang, bk partai pendukung”, tulis akun @D_Ramdani10, nampak menduga alasan pemecatan Ruhut sebagai Jubir partai karena Ruhut dinilai terlalu loyal sama Jokowi.

Selanjutnya, “SBY sering peringatkan Ruhut jgn bela2 Jokowi & Ahok”, kicau akun netizen lain @cagubnyinyir, sebut SBY sudah sering peringatkan Ruhut mengenai dukungannya terhadap Jokowi dan Ahok.

Namun Imelda Sari mencoba menjelaskan bahwa pemecatan itu lebih karena Ruhut akan diberikan penugasan lain oleh Partai, “Ruhut Sitompul tidak dipecat dari @PDemokrat namun tak lagi menjadi Juru Bicara Partai krn ada penugasan lain dari Partai Demokrat”. Sebut Juru Bicara PD dengan akun @isari68 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*