DPR RI Setuju Jenderal Gatot Nurmantyo Jadi Panglima TNI

Setelah melewati uji kepatutan dan kelayakan melalui sidang paripurna, akhirnya DPR RI Secara bulat menyetujui Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Moeldoko skaligus menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Moeldoko sebagai Panglima TNI. Tidak ada calon panglima TNI lainnya yang menjalani uji kepatutan dan kelayakan karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya mengusulkan calon tunggal Panglima TNI kepada DPR RI.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo lahir di Tegal tanggal 13 maret 1960. Karir militernya terhitung sangat cemerlang diawali sebagai lulusan pendidikan Akademi Militer angkatan 1982. Setelah itu beliau menduduki berbagai jabatan strategis di TNI AD. Diantaranya adalah beliau pernah menjabat sebagai Dandim 1701 Jayapura, Gubernur Akmil, Pangdam V Brawijaya, Pangkostrad dan jabatan terakhir beliau adalah sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Diharapkan setelah ini Presiden Joko Widodo dapat segera melantik secara resmi Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan di tubuh TNI. Pelantikan Panglima TNI diharapkan akan berbarengan dengan pelantikan Kepala BIN Letjen (Purn) Sutiyoso. Pelantikan Panglima TNI yang baru ini sedianya akan dilaksanakan pada bulan agustus 2015 bertepatan dengan pensiunnya Jenderal TNI Moeldoko yang saat ini menjabat sebagai Panglima TNI.

Dengan akan segera dilantiknya Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI maka masyarakat menaruh harapan yang tinggi kepada Gatot Nurmantyo agar dapat berbuat banyak dalam memajukan TNI dan juga menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagaimana tanggapan publik, Khususnya netizen Indonesia setelah disahkan dan disetujuinya Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI yang baru oleh DPR RI? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, Khususnya twitter selama periode 3 Juli 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System.

Dari hasil pemantauan tersebut terdapat 18.173 tweet yang membicarakan tentang disahkannya Panglima TNI dan Kepala BIN oleh DPR RI. Namun cuitan netizen di twitter sebanyak 8.235 dikhususkan pada Gatot Nurmantyo setelah DPR RI menyetujui dan mengesahkan beliau sebagai Panglima TNI yang baru.

Sebanyak 1.117 tweet juga membicarakan terkait dengan perntanyaan DPR RI dalam uji kelayakan dan kepatutan soal jatuhnya pesawat hercules di Medan. Terkait pertanyaan ini Jenderal Gatot Nurmantyo enggan berkomentar banyak, sikap ini diambil karena saat tragedi jatuhnya pesawat Hercules dirinya masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.

Kemudian 1.108 tweet juga membicarakan tetang bagaimana Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dapat fokus kepada daerah-daerah perbatasan dan Papua. Hal ini menjadi penting karena berkaitan erat dengan persoalan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu cuitan netizen sebanyak 224 tweet pun ramai bertebaran di media tweeter yang membicarakan tentang gebrakan apa yang akan dilakukan oleh panglima TNI yang baru.

224 tweet juga membicarakan bahwa Jenderal Gatot Nurmantyo akan segera melapor kepada Presiden Joko Widodo paska dirinya disetujui sebagai Panglima TNI oleh DPR RI. Kemudian sebanyak 705 tweet juga memperbincangkan tentang permintaan anggota DPR RI kepada Panglima TNI yang baru agar tentara wanita diijinkan untuk memakai jilbab dalam menjalankan tugas.

Akhirnya publik pun berharap agar Jenderal Gatot Nurmantyo selaku Panglima TNI yang baru dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dapat mengemban tanggung jawab menjaga kedaulatan NKRI Serta membawa TNI menjadi lebih maju dan modern. Baik disisi peralatan tempur, sumber daya manusia dan juga dalam hal meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI itu sendiri. Yang terpenting dari semua ini adalah Jenderal Gatot Nurmantyo selaku prajurit dan juga Panglima TNI bisa memegang teguh dan menjalankan sumpah prajurit, Sapta Marga TNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend