DPR Usulkan Budi Gunawan Jadi Wakapolri, Netizen Bereaksi

DPR Usul Budi Gunawan Jadi Wakapolri – sumber foto: LensaIndonesia.com

Senin, 6 April 2015, Presiden Joko Widodo menghadiri rapat konsultasi dengan DPR terkait polemik pengangkatan Kapolri. Sebagaimana diketahui, awalnya Presiden mengusulkan nama Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Namun, karena KPK menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka kasus rekening mencurigakan, Joko Widodo kemudian membatalkan usulannya tersebut. Meskipun Budi Gunawan telah menjalani dan lolos uji kelayakan dan kepatutan DPR. Alih-alih, Presiden kemudian mengganti calon Kapolri dengan Komjen Badrodin Haiti.

Sejak saat itu polemik bergulir hingga sekarang. Budi Gunawan yang mengajukan praperadilan diputus bebas dari status tersangka yang ditetapkan KPK, sementara proses usulan Badrodin Haiti sebagai Kapolri tidak kunjung selesai karena terhambat di DPR.

Dalam rapat konsultas Senin kemarin, sebagian besar fraksi DPR mengajukan usulan untuk memasangkan Badrodin Haiti sebagai Kapolri yang baru dengan Budi Gunawan sebagai Wakil Kapolri. Apakah ini merupakan solusi terbaik atas polemik di tubuh korps Bhayangkara? Lalu bagaimana publik, khususnya netizen Indonesia menanggapi usulan DPR tersebut? Berikut Eveline merangkumnya untuk Anda.

Pemantauan dilakukan selama 2 hari, antara 6 – 7 April 2015. Pantauan dilakukan terhadap pembicaraan di media sosial, khususnya Twitter di Indonesia.

Terdapat 5.938 tweet bicara tentang Rapat Konsultasi Presiden dan DPR di mana diusulkan Budi Gunawan sebagai Wakil Kapolri mendampingi Badrodin Haiti. Dari jumlah tadi, terdapat 1.588 tweet yang menyebutkan dukungan DPR atas usulan tersebut.

Yang menarik adalah, lebih banyak netizen di Twitter yang meminta Penetapan Kapolri Definitif terlebih dahulu. Netizen yang bersuara demikian mencuitkan 2.251 tweet di media sosial Twitter. Nampak bahwa sebagian besar netizen Indonesia kurang sepakat dengan usulan DPR agar Budi Gunawan diangkat sebagai Wakapolri mendampingi Badrodin Haiti.

Bagaimana dengan Anda?

***

One thought on “DPR Usulkan Budi Gunawan Jadi Wakapolri, Netizen Bereaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend