Fahri Hamzah Sebut Anggota DPR Bloon, Netizen Penasaran Siapa Maksudnya

Fahri Hamzah Sebut Anggota DPR Bloon – sumber foto: Istimewa

Bukan Fahri Hamzah namanya jika tidak membuat sensasi. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat kembali jadi sorotan setelah beberapa waktu lalu membuat pernyataan sensasional terkait sesama anggota dewan, di mana dia menyebut banyak dari anggota DPR bloon (bodoh). Pernyataan tersebut keluar dari mulut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam sebuah wawancara di stasiun televisi nasional tentang megaproyek DPR RI.

“Makanya kadang banyak orang datang ke DPR ini tidak cerdas, kadang-kadang mungkin kami bilang rada-rada bloon begitu. Tetapi, dalam demokrasi, kami menghargai pilihan rakyat. Karena itu, kami memberikan kekuatan kepada otak dari orang-orang yang datang ke gedung ini dengan memberikan mereka staf, dengan memberikan sistem pendukung, pusat kajian, ilmuwan, peneliti, dan lain-lain,” ujar Fahri sebagaimana dikutip dari Tempo.co

Pernyataan ini langsung menuai kritikan, utamanya dari sesama anggota DPR. Politikus PDI Perjuangan, Adian Napitupulu menyebut apa yang dinyatakan Fahri merupakan penghinaan tak hanya kepada 559 anggota dewan sejawatnya, namun juga terhadap rakyat Indonesia.

“Entah apa maksud Fahri secara terbuka menghina anggota-anggota DPR di hadapan berjuta penonton televisi. Entah kepuasan macam apa yang ada di hati Fahri setelah ia merendahkan 559 sejawatnya di DPR,” ungkap Adian sebagaimana dikutip dari Metrotvnews.com

Hal serupa dinyatakan Anggota Fraksi Partai Hanura Inaz Nasruloh Zubir. Inaz menyebut dirinya tersinggung dengan sebutan bloon yang dinyatakan Fahri Hamzah, bahkan dirinya akan melaporkan politikus PKS ini ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

“Iya saya rencana mau melaporkan karena dari bahasanya cukup jelas. Dia melecehkan institusinya sendiri. Saya tidak terima sebagai anggota dilecehkan,” kata Ina seperti diungkapkan kepada Liputan6.com

Teguran juga dilayangkan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman kepada Fahri Hamzah untuk bersikap santun. Menurut pengganti Anies Matta ini, sikap Wakil Ketua DPR dari PKS tersebut tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kesantunan yang dijunjung tinggi PKS.

“PKS ingin di ruang publik itu ada aturan publiknya. Tentu ketika kita bicara harus terukur. Itu prinsip dasar yang kesantunan dan kepatutan kita pegang,” ungkap Sohibul.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas pernyataan Fahri Hamzah yang menyeut anggota DPR RI bloon? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 26 – 27 Agustus 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 15.548 tweet yang membicarakan tentang pernyataan Wakil Ketua DPR asal Partai Keadilan Sejahtera, Fahri Hamzah yang menyebut anggota DPR bloon.

Netizen nyatakan penasaran siapa yang dimaksud Fahri Hamzah dengan anggota DPR yang bloon. Lewat 4.842 tweet netizen minta Fahri lebih spesifik menyebut nama anggota DPR yang dianggapnya bloon tersebut.

Netizen juga menyebut tentang laporan anggota Dewan asal Partai Hanura yang melaporkan Fahri Hamzah ke Mahkamah Kehormatan Dewan. Netizen nyatakan dukungan atas langkah yang diambil Inaz Nasruloh Zubir lewat 1.916 tweet.

Sementara itu, teguran Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman kepada Fahri Hamzah yang memintanya untuk bersikap lebih santun dibicarakan netizen sebanyak 885  tweet. Netizen membenarkan hal ini dan menyatakan gaya bicara Fahri tidak santun sama sekali.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend