Gerindra dan PKS Bangun Koalisi untuk Pilgub DKI 2017, Netizen Ramai Berkomentar

Gerindra dan PKS Bangun Koalisi untuk Pilgub DKI 2017, Netizen Ramai Berkomentar

Sumber foto: lensajambi / ferryjuliantono

Partai Gerindra dan PKS membuat gebrakan baru jelang Pilgub DKI 2017. Kedua partai tersebut berkeinginan membangun sebuah koalisi untuk menyongsong pemilihan gubernur tahun depan. Yang masih menjadi pertanyaan, siapa calon yang akan mereka usung untuk bersaing bersama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Dikutip dari Detik, Syakir Purnomo Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS menjelaskan bahwa pihaknya telah bertemu dengan perwakilan Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra DKI untuk membicarakan rencana koalisi tersebut, Rabu (4/5) kemarin. Meski masih dalam tahap rencana, menurut Syakir potensi untuk berkoalisi dengan Gerindra cukup besar. Selanjutnya, informasi ini akan diteruskan pada Dewan Pimpinan Pusat masing- masing.

Dalam pertemuan Rabu kemarin, perwakilan dari Gerindra antara lain Ketua DPD Gerindra Mohammad Taufik dan Ketua Tim Penjaringan Cagub DKI Syarif. Dari PKS, yang hadir antara lain adalah Syakir dan dan Ketua Dewan Syariah Wilayah PKS DKI Abdurrahman Suhaimi.

Rencana berkoalisinya dua partai besar ini pun memicu reaksi dari pengguna media sosial, khususnya twitter. Pantauan redaksi Eveline mendapati 1.334 tweet perbincangan mengenai koalisi Gerindra dan PKS periode 5-6 Mei 2016.

PKS berharap koalisi tak hanya terjalin dengan Gerindra saja. Diharapkan, partai- partai lain dapat berkoalisi bersama untuk bertarung di pemilihan gubernur 2017 mendatang. Tujuan lainnya adalah membangun kekuatan untuk menaklukkan Ahok. Semua partai berpotensi untuk diajak berkoalisi, selain Hanura dan Nasdem yang sudah menunjukkan dukungannya terhadap Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pengguna media sosial twitter pun memberikan komentar beragam. Salah satunya datang dari akun @dimasprakbar. “Bukan mengecilkan PKS, tapi jika koalisi Gerindra PKS terwujud di DKI & melihat komposisi suara di DPRD, ya wajar Gerindra DKI 1 – PKS DKI 2.”

Ada juga pengguna twitter yang memprediksi jika koalisi terbentuk, kedua partai akan mengusung nama Sandiaga Uno. “Kayanya Gerindra dan PKS akan dukung Sandiaga Uno nih…” tweet akun @fadreee.

Tujuan berkoalisi PKS yang ingin mengalahkan Ahok pun mendapat tentangan dari akun twitter @antoniusawe. Ia berpendapat seharusnya koalisi mengarah pada tujuan pemimpin yang dapat memimpin Jakarta kearah yang lebih baik. Bukan sekedar untuk mengalahkan Ahok. “Gendeng! Hrsnya lahirkan pemimpin Jakarta, bukan sekedar penakluk Ahok!! Gila kekuasaan ini.”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend