Habib Rizieq Menyoal Sebutan Makar Yang Dihembuskan Polri, Netizen: Pedas!

Kapolda Metro

(Sumber foto: akun twitter @posmetroinfo/@DPR_RI)

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) M Rizieq Shihab meminta Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan kembali belajar hukum. Sebab menurut dia, Iriawan menuding aksi Bela Islam 212 lalu sebagai aksi makar.

“Maka saya ingatkan ke Kapolda Metro Jaya Jangan sembarangan menyebarluaskan isu makar terhadap aksi 212. Bilang sama Kapolda Metro suruh belajar hukum lagi,” kata Rizieq di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1/2107).

Bahkan, Rizieq meminta kepada Kapolri untuk mencopot Kapolda Metro karena pernyataannya tersebut. Sebab menurutnya, Kapolda Metro memprovokasi masyarakat bahwa ada upaya makar terhadap pemerintahan yang sah dengan aksi 212. Bahkan mereka memunculkan stigma melakukan aksi makar.

Menurutnya, bila ada kelompok yang mengangkat senjata dan berontak kepada pemerintah, maka hanya pasal makar itu lah yang berhak dijadikan sebagai dasar hukum. Karenanya, Rizieq meminta Kapolda Metro Jaya untuk dididik kembali apa itu yang disebut makar. Selain itu, ia mengusulkan agar Kapolri wajib mencopot kapolda-kapolda yang suka memprovokasi masyarakat. Karena itu berbahaya bagi NKRI.

“Kapolri wajib copot Kapolda yang suka provokasi di masyarakat karena itu berbahaya bagi NKRI. Kalau tak ngerti hukum tidak boleh dia jadi kapolda. Andai kata 212 itu makar maka presiden, wapres, kapolri, panglima yang ikut hadir yang beri sambutan itu semua terlibat makar,” cetus dia.

Selain itu, Rizieq meminta aparat kepolisian tidak sembarangan menuduh orang atau kelompok masyarakat berbuat makar. “Jangan dikit-dikit makar, orang rapat makar orang ceramah makar. Orang simposium dibilang makar, tak setuju dengan presiden semua makar. Bilang sama kapolda suruh belajar lagi,” kata dia.

“Dan saya ingatkan kepada semua penegak hukum bahwa aksi makar itu sudah tak ada sudah dihapuskan di Indonesia, kecuali menggunakan senjata,” tandas Rizieq

Pantauan redaksi eveline, mendapati netizen berkomentar soal Habib Rizieq menyoal sebutan makar yang telah dihembuskan pihak Polri. “Doktor Rizieq Shihab ,mantapp”. Kicau akun @JalalHusin, nampak berikan dukungan.

Selanjutnya, “pedas..”, kata seorang netizen dengan akun @ungku_ungku menegaskan. Hal terkait juga disampaikan netizen dengan akun @OmbahID, “@detikcom Kalau #Aksi212 Makar,Kenapa yg mau di Makar Hadir Hadir Koq RI1/RI2,Panglima TNI,Kapolri Menteri2,Ikut Orasi lagi…Om Makar Om… “.

Lebih jauh sebuah, sebuah kalimat bernada canda dilontarkan netizen bernama Marwoto Saputro. “KLO MASALAH HUKUM SUDAH BELAJAR PAK RIZIEK. CUMA WAKTU PELAJARAN ITU SAYA TIDAK MASUK. HA HA HA”, netizen ini menanggapi soal Habib Rizieq sebut Kapolda Metro Jaya perlu dididik lagi soal hukum makar.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend