Isu Reshuffle Kabinet Jilid II Jadi Perbincangan Netizen

Reshuffle Kabinet Ramai di Linimasa Twitter, Jaringan 98 Juga Angkat Bicara

Di tengah terpaan isu Reshuffle Kabinet Jilid II, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mempertegas posisinya berada di luar kabinet. Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menegaskan pertemuan Presiden PKS Sohibul Iman dengan Presiden Joko Widodo tersebut hanya sekedar silaturahmi. Ia menekankan posisi PKS tak ikut-ikutan terkait persoalan reshuffle.

Dia menambahkan posisi PKS dalam kabinet adalah menyampaikan masukan dan saran. Bila memang ada reshuffle maka sebaiknya bebas dari transaksional politik. Hal ini mengacu janji Presiden Joko Widodo saat kampanye.

Sementara itu, Partai Hanura menyatakan menolak reshuffle kabinet jilid II. Apalagi, yang mengisi adalah penumpang gelap. Ketua DPP Hanura Miryam S Haryani mengatakan, dia sudah berkali-kali menyampaikan alasan menolak reshuffle. Baik itu melalui Ketua Umum Partai Hanura Wiranto maupun agenda resmi partai.

Berbeda dengan pendapat Partai Hanura, Presiden Joko Widodo menyinggung masalah reshuffle kabinet saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Sabtu (26/12/2015) kemarin. Menurut Dia, sangat mudah memutuskan merombak susunan kabinet dengan melihat indikator kinerja tersebut yang selalu dia catat dalam buku rapor menteri.

Pantauan redaksi eveline, isu adanya reshuffle kabinet mengemuka setelah kader PAN menyinggung masuknya kader PAN ke dalam kabinet. Redaksi mencatat, perbincangan tentang reshuffle kabinet memenuhi linimasa twitter hingga 27 Desember 2015 hingga 19.699 kicauan. Puncak perbincangan terjadi pada 27 Desember pukul 13.00 dengan jumlah tweet mencapai 1.879 tweet.

Tingginya perbincangan reshuffle kabinet pada 27 Desember dipicu oleh adanya pernyataan penolakan dari Partai Hanura dan penegasan dari PKS untuk tetap berada diluar kabinet. Hingga berita ini diturunkan oleh redaksi eveline, diperkirakan isu reshuffle kabinet jilid II diberitakan sebanyak 2.785 berita oleh media online Indonesia.

Perhitungan redaksi eveline. perbincangan isu reshuffle kabinet menjangkau 2.292.076 akun twitter.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend