Isu Reshuffle Kabinet Jilid II, PAN dan Rini Terbanyak Jadi Perhatian Netizen

Reshuffle kabinet jilid II yang akan dilakukan sendiri oleh Presiden Joko Widodo pada kabinet kerjanya besar kemungkinan akan terjadi pada pertengahan November 2015, atau setelah pilkada serempak yang akan digelar pada Desember 2015 mendatang. Anomali isu reshuffle kabinet jilid II dan rencana masuknya kader-kader dari Partai Amanat Nasional (PAN), serta isu adanya pergantian menteri dalam kabinet kerja Jokowi yang memiliki kinerja kurang baik kian menghangat.

Meskipun rencana masuknya kader PAN ke dalam kabinet pemerintahan Jokowi baru sebatas ajakan, namun Pertemuan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dengan Presiden Joko Widodo kian menguatkan bukti akan hadirnya kader partai PAN ke dalam kabinet yang baru nantinya. PAN sendiri sebagai partai yang baru bergabung dengan pemerintahan, memastikan siap menyediakan kader-kader terbaiknya untuk membantu kinerja kabinet.

Sementara itu desakan oleh partai pendukung pemerintah mengenai pergantian menteri kabinet semakin kuat. Adanya dukungan kuat terhadap PDIP yang mendorong dilakukannya reshuffle oleh Presiden terhadap salah satu pos menteri yang layak diganti adalah Menteri BUMN, Rini Soemarno yang dianggap memiliki kinerja buruk.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas isu reshuffle kabinet jilid II dan rencana masuknya kader PAN ke dalam kabinet kerja, serta isu reshuffle menteri BUMN Rini Soemarno? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 8 – 10 November 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 10.158 tweet membicarakan tentang isu reshuffle kabinet jilid II.

Perbincangan mengenai PAN yang akan memasuki kabinet pemerintah memenuhi linimasa twitter sebanyak 2.643 kicauan. Sedang Netizen lain mencuitkan 1.211 tweet memperbincangkan mengenai menteri BUMN Rini Soemarno. Netizen menilai wajar untuk memberi perhatian lebih pada rencana masuknya PAN, dan masalah kinerja menteri Rini Soemarno tersebut, dimana netizen menginginkan perbaikan atas kinerja kabinet pimpinan Presiden Joko Widodo.

Bagaimanapun melakukan reshuffle kabinet kerja adalah hak prerogatif presiden sepenuhnya. Terbukti sebanyak 2.721 tweet dari para netizen sebut reshuffle adalah hak Presiden Jokowi guna melakukan perombakan pada kabinet kerjanya.

Loading...

One thought on “Isu Reshuffle Kabinet Jilid II, PAN dan Rini Terbanyak Jadi Perhatian Netizen

  1. siti

    segeralah lakukan reshuffle pak presiden, agar kinerja pemerintah bisa lebih baik lagi….ini soalnya dollar dah merangkak naik lagi…rakyat sedang tak sadar!!!!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*