Jelang Kongres Partai Demokrat, Dukungan Terhadap SBY Mendominasi

Kongres Partai Demokrat rencananya akan digelar sebelum Mei 2015. Agenda utama Kongres ke 3 partai berlambang bintang segi tiga ini tak lain adalah pemilihan Ketua Umum yang baru. Menyusul gonjang-ganjing partai paska ditetapkannya Anas Urbaningrum sebagai tersangka korupsi oleh KPK, digelarlah Kongres Luar Biasa pada Maret 2013 mendaulat secara aklamasi Susilo Bambang Yudhoyono, yang saat itu masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.

Kongres ke 3 ini ditengarai akan memuluskan jalan SBY untuk kembali memimpin partai yang memperoleh 10,2 persen suara pada Pemilu Legislatif 2014. Wacana pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat secara aklamasi pun ramai diberitakan di media. Meskipun, di sisi lain, beberapa pihak menghendaki adanya regenerasi kepemimpinan.

Bagaimana sikap publik terhadap rencana kongres sekaligus wacana pemilihan SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat? Berikut Eveline merangkumnya untuk Anda.

Hasil pantauan Eveline di media sosial Twitter selama periode 17-23 Maret 2015 menunjukkan adanya 6.687 tweet tentang kongres Partai Demokrat. Dari jumlah tersebut, 3.807 tweet, atau 56,93% bicara tentang SBY. Terlihat bahwa identifikasi publik akan Partai Demokrat dengan sosok Susilo Bambang Yudhoyono masih sangat kental.

Terkait dengan wacana pemilihan mantan Presiden RI ke-6 ini sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, terdapat 1.418 tweet yang mendukung pemilihan secara aklamasi. Sementara, yang menolak aklamasi hanya terpantau 411 tweet.

Yang juga menarik adalah relatif banyaknya tweet bicara tentang dukungan Angkatan Muda Demokrat terhadap pemilihan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Terdapat 2.043 tweet tentang dukungan dari ormas kepemudaan ini kepada SBY.

***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend