Jokowi Ganti 6 Menteri Kabinet Kerja, Netizen Ucapkan Selamat Puan Maharani Lolos Reshuffle

Reshuffle Kabinet Kerja Diumumkan – sumber foto: Istimewa

Apa yang selama ini ditunggu-tunggu publik akhirnya terjawab. Presiden Joko Widodo pada Rabu 12 Agustus 2015 ini mengumumkan reshuffle Kabinet Kerja yang dipimpinnya. Tak tanggung-tanggung, tercatat 6 menteri terkena reshuffle. 3 nama berposisi Menteri Koordinator, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil yang digantikan Darmin Nasution. Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo yang digantikan Rizal Ramli dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan yang semula dijabat Tedjo Edhy Purdijatno digantikan Luhut Binsar Panjaitan.

Dua menteri lainnya yang diganti adalah Menteri Perdagangan Rahmat Gobel yang diganti Thomas Lembong, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago diganti Sofyan Djalil. Sementara itu, Menteri Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto digantikan politikus senior PDI Perjuangan Pramono Anung.

Yang menarik adalah, terdapat satu Menteri Koordinator yang lolos dari bersih-bersih kabinet ini. Menteri tersebut tak lain adalah Puan Maharani yang menjabat Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan. Puan tak lain adalah putri Megawati Soekarnoputri, ketua umum PDIP, partai pengusung Presiden Joko Widodo saat Pilpres 2014 kemarin.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas pengumuman reshuffle kabinet kerja oleh Presiden Joko Widodo hari ini? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 12 Agustus 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 22.477 tweet membicarakan tentang reshuffle Kabinet Kerja.

Sebanyak 12.610 tweet membicarakan penggantian 3 orang menteri koordinator oleh Presiden Joko Widodo. netizen menyebut sosok-sosok yang digantikan, yaitu Sofyan Djalil, Indroyono Soesilo dan Tedjo Edhy Purdijatno. Netizen juga menyoroti nama-nama penggantinya, terutama masuknya Luhut Panjaitan.

Sementara itu, terkait dengan posisi Puan Maharani yang tidak terusik sebagai Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, netizen lewat 5.155 tweet ramai menyebutnya sebagai satu-satunya menteri koordinator yang selamat dari reshuffle.

Masih terkait dengan Puan Maharani, netizen menyampaikan ucapan selamat sekaligus menyebut putri Megawati Soekarnoputri ini hebat karena lolos dari reshuffle kabinet. Sebanyak 1.183 tweet menyatakan pujian bernada satir ini.

Sementara itu, pelantikan para menteri pengganti yang dilakukan Presiden Joko Widodo di istana dibicarakan netizen lewat 3.361 tweet. Netizen banyak yang menyebut-nyebut nama Rizal Ramli yang kembali masuk ke jajaran kabinet pemerintah. Sebanyak 1.438 tweet mencuitkan nama Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman yang baru.

Antusiasme publik terhadap pergantian kabinet serta harapan perbaikan kondisi perekonomian Indonesia nampaknya menjadi alasan mengapa hashtag #ReshuffleKabinet ramai digunakan netizen. Hingga berita ini diturunkan, hashtag ini telah digunakan netizen Indonesia sebanyak 1.898 tweet.

***

Loading...

One thought on “Jokowi Ganti 6 Menteri Kabinet Kerja, Netizen Ucapkan Selamat Puan Maharani Lolos Reshuffle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend