Kampung di Boven Digoel Diduduki Warga PNG, Netizen Minta Pemerintah Tindak Tegas

Warga Papua Nugini Menduduki Kampung di Papua – sumber foto: Istimewa

Setelah Pemerintah Papua Nugini membuat berang Indonesia dengan membiarkan kerabat koruptor kelas kakap BLBI Djoko Tjandra nyelonong menemui Presiden Joko Widodo saat kunjungan kenegaraan, kini giliran warga negara jiran ini yang membuat ulah dengan menduduki wilayah di Papua secara ilegal. Sebanyak 70 orang warga asing ini ditemukan menghuni Kampung Benkim, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, Propinsi Papua. Mereka sehari-hari menggunakan bahasa Inggris Fiji, mata uang Kina dan bendera Negara PNG.

Temuan mengejutkan ini dilaporkan Danrem 174/ATW Brigjen TNI Supartodi kepada wartawan di Merauke pada Kamis 18 Juni 2015 lalu. Dikutip dari Jawapos.com, Danrem menyebut ’’Di kartu identitas, mereka berkewarganegaraan PNG. Tetapi, kampung itu masih masuk teritori Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).’’

Brigjen Supartodi menjelaskan pihaknya menemukan warga asing di wilayah NKRI secara ilegal ini sejak 4 bulan lalu saat Satgas Pamtas Batalion 511 ditugaskan mengecek tapal batas wilayah NKRI dan PNG. Lokasi kampung Benkim ini dekat dengan patok perbatasan, pada patok MM 73. Kampung itu dekat dengan Kabupaten Pengunungan Bintang.

Menurut Danrem, selain Kampung Benkim, TNI juga menemukan setidaknya 5 kampung lain yang dihuni warga negara Papua Nugini. Dia menegaskan bahwa hal ini merupakan pelanggaran wilayah dan harus ditindak tegas. Opsi yang paling tepat adalah dengan deportasi. Brigjen Supartodi menegaskan “Jangan sampai kita diinjak-injak.”

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas pendudukan wilayah NKRI oleh warga negara Papua Nugini ini? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 18 – 19 Juni 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat total 1.114 tweet membicarakan warga negara Papua Nugini yang menduduki kampung di wilayah Boven Digoel Propinsi Papua.

Netizen menyebutkan bahwa penemuan warga negara asing di wilayah Indonesia tersebut terungkap dari informasi Danrem 174/ATW. Sebanyak 324 tweet menyatakan apresiasi atas kerja keras TNI yang berhasil mengungkap hal tersebut.

Netizen lewat 228 tweet menyatakan kemarahannya atas ulah warga negara Papua Nugini yang menduduki wilayah di Papua tersebut. Netizen menyebut hal ini sebagai pelanggaran berat yang patut ditindak tegas.

Lebih lanjut netizen mendesak pemerintah Indonesia untuk melakukan tindakan terhadap para pelanggar batas wilayah ini. Lewat 118 tweet netizen menyatakan deportasi harus dilakukan terhadap warga Papua Nugini yang menduduki kampung di wilayah Bovel Digoel Papua.

***

Loading...

2 thoughts on “Kampung di Boven Digoel Diduduki Warga PNG, Netizen Minta Pemerintah Tindak Tegas

  1. GPD Urep...

    …..harus segera dideportasi, jika tidak akan terus berkembang dan menjadi masalah serius suatu saat….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend