Karena Cuitan Ini Jokowi Didesak Copot Menteri Agama

Karena Cuitan Ini Jokowi Didesak Copot Menteri Agama

Foto: detak / poskota

Presiden Joko Widodo didesak untuk mencopot menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Desakan pencopotan ini menyusul cuitan Lukman Hakim melalui akun twitternya yang dinilai mencederai nilai demokrasi dan keberagaman di Indonesia.

“Presiden Joko Widodo layak mencopot menteri agama Lukman Hakim. Cuitannya selain bernuansa politis juga telah mencederai nilai demokrasi dan keberagaman di Indonesia dengan berusaha menggiring pemilih berdasarkan keyakinan”, kata Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe di Jakarta, Selasa (14/2).

Konstitusi tidak melarang seseorang untuk memilih calon sesuai agama. Namun selaku menteri agama sangat tidak tepat menyampaikan hal demikian. Jelas kata Ramses cuitan itu bernuansa politik dan menggiring ke arah SARA serta menimbulkan multiinterpretasi publik dan patut diduga ada tendensi tertentu dibalik statement tersebut seperti dikutip dari Media Indonesia.

Seperti diketahui, Menteri Agama Lukmah Saifuddin menyebut memilih cagub bedasarkan keyakinan agama tidak melanggar konstitusi. Lukman berpendapat bahwa Indonesia adalah bangsa religius, agama digunakan untuk acuan bersikap. Hal ini dikemukakan oleh Menteri Agama melalui akun twitternya pada minggu (12/2).

Cuitan Menteri Agama, Lukman Saifuddin pada Minggu (12/2) lalu memang ramai menjadi perbincangan netizen. Tercatat lebih dari 1.200 komentar dilayangkan netizen menanggapi kicauan Menteri asal PPP tersebut.

Dalam hal ini, Lukman tidak sendiri. Selain Mahfud MD, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan juga menyampaikan pendapat serupa. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) menyampaikan pendapatnya melalui akun twitternya @Zul_Hasan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend