Kehadiran Susilo Bambang Yudhoyono Dalam Pertemuan Elit KMP Jadi Sorotan Netizen

SBY Hasil Dalam Pertemuan Koalisi Merah Putih – sumber foto: Istimewa

Jajaran elit pimpinan partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) mengadakan pertemuan tertutup di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan pada Selasa 20 Oktober 2015 kemarin. Dalam pertemuan tersebut nampak Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua PPP Djan Faridz, Ketua Gerindra, Ketua Golkar Munas Bali Jakarta dan juga Ketua PBB Yusril Ihza Mahendra.

Sekjen Gokar, Idrus Marham menyebut agenda pertemuan para elit pimpinan KMP tersebut hanyalah silaturahmi. Namun Idrus tidak membantah bahwa di sana terjadi pembahasan berbagai isu nasional, seperti pengesahan RAPBN 2016 yang tertunda.

“Kita juga bicarakan banyak hal, tentang Pelindo juga, tapi tidak serius hanya selintas,” kata Idrus sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com

Yang menjadikan pertemuan elit KMP ini menyita perhatian banyak pihak adalah kehadiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. SBY yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat nampak berpartisipasi dalam acara KMP meskipun Demokrat selama ini tidak pernah secara tegas menyatakan bergabung dalam koalisi yang dipimpin oleh pendiri Partai Gerindra, Prabowo Subianto tersebut.

Mengenai kehadiran SBY, Idrus Marham menyatakan hal tersebut wajar saja dan tak pelu ditanggapi heboh. Kehadiran SBY adalah wujud komunikasi politik antar partai di Indonesia. “Kita tak boleh lupa, PD juga turut berperan serta di awal KMP terbentuk. Jadi wajar wajar saja kalau pertemuan sekarang ada pak SBY,” papar Idrus sebagaimana dikutip dari Republika.co.id

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas kehadiran Susilo Bambang Yudhoyono dalam pertemuan elit partai Koalisi Merah Putih (KMP)? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 20 – 21 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 4.529 tweet membicarakan tentang kehadiran SBY dalam pertemuan elit KMP di Hotel Dharmawangsa kemarin.

Netizen menyebut, kehadiran SBY dalam pertemuan elit KMP tersebut untuk membahas kinerja setahun pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hal ini diungkapkan netizen lewat 1.128 tweet. Mereka kemudian menyatakan, kehadiran SBY ke pertemuan KMP atas undangan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie. Hal ini disebut-sebut dalam 803 tweet.

Yang tak kalah menarik adalah, adanya pembicaraan di media sosial Twitter Indonesia mengenai kehadiran Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan dalam pertemuan elit KMP. Netizen bertanya-tanya, ada apa dengan Zulkifli Hasan hadir ketika PAN sebelumnya secara resmi menyatakan keluar dari KMP dan bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat pendukung pemerintahan Jokowi-JK. Keheranan ini diungkapkan netizen lewat cuitan sebanyak 1.020 tweet.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*