Komisi III DPR RI Bentuk Panja Freeport Menarik Perhatian Netizen

Komisi III DPR RI Bentuk Panja Freeport Menarik Perhatian Netizen

Komisi III DPR RI yang membidangi masalah hukum, HAM dan keamanan memutuskan membentuk Panitia Kerja (Panja) terkait penanganan hukum kasus PT Freeport Indonesia. Hal itu terlihat dari catatan akhir rapat kerja komisi DPR RI bersama Jaksa Agung Prasetyo pada Rabu malam, 20 Januari 2016.

Ketua Komisi III DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan catatan tersebut merupakan hasil dari lobi fraksi-fraksi yang dilakukan pada Rabu siang. Politikus Golkar ini mengungkapan pembentukan Panja Freeport merupakan usul Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Benny K Harman.

Catatan tersebut lalu menuai perdebatan cukup panas. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi NasDem Taufiqulhadi misalnya menyatakan dirinya tidak tahu soal catatan itu dan karenanya tidak mendukung. “Ini catatan saya tidak tahu, kapan diputuskan, maka saya tidak setuju dengan catatan ini,” kata Taufiq.

Rencana Komisi III DPR RI untuk membentuk Panitia Kerja atau Panja terhadap penanganan hukum kasus “Papa Minta Saham”, menjadi perbincangan netizen Indonesia di media sosial Twitter. Sampai berita ini diterbitkan, redaksi eveline mendapati sebanyak 1,481 kicauan mengomentari perihal tersebut pada periode 21 Januari 2016. Dimana menjadi puncak perbincangan pada pukul 12;00 siang tadi,  sebanyak 369 kicauan.

Mendengar hal tersebut, Jaksa Agung HM Prasetyo langsung menyatakan ketidaksetujuannya. Dia khawatir DPR bakal mengintervensi kasus ‘Papa Minta Saham’ yang tengah ditangani kejaksaan. “Saya khawatir ini bisa dianggap masyarakat mengintervensi penegakan hukum. Biarkanlah (kasus ini) berjalan di atas jalurnya sendiri,” ujar Prasetyo.

Sedangkan, Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR, Bambang Soesatyo mengatakan Panja itu dibentuk bukan untuk intervensi Kejaksaan yang sedang menangani kasus tersebut yang diduga melibatkan mantan Ketua DPR Setya Novanto, amun sebagai bentuk pengawasan DPR sebagai legislatif.

Lewat akun twitternya Kevin Julio malah bertanya tanya mengapa Jaksa agung khawatir, “Komisi III Bentuk Panja Kasus Freeport, Prasetyo Khawatir, Mengapa?” ujar pemilik akun @KevinJulio08. Ruhut Sitompul juga angkat bicara mengenai hal ini, dirinya mengatakan bahwa Panja Freeport yang diusulkan rekan-rekannya di Komisi III merupakan akal-akalan untuk membela mantan Ketua DPR Setya Novanto.

Komentar lainnya juga datang dari @SetyoWidodo, ia mengatakan “Proses hukum Setya Novanto harus tetap berjalan sesuai jadwal.” Lain halnya dengan @UndangSempena ia malah menanyakan tugas pokok DPR lewat kicauannya “Benarkah pembentukan Panja ini sbg intervensi politik thdp proses hukum yg sdng dijalankan Jaksa Agung? Emang tugas pokok DPR bikin Panja yah ???”

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend