Kunjungan Jokowi Ke Singapura, Netizen Kritik Tak Ada Bendera Merah Putih

Presiden Jokowi Selasa (28/7) pagi kemarin melakukan kunjungan ke Singapura. Jokowi bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma. Menurut kabar yang beredar, Jokowi di Singapura akan membahas soal pembangunan Batam, Bintan dan Karimun. Rencananya, Jokowi juga akan bertemu dengan pembisnis Singapura, untuk menyampaikan peluang investasi apa saja yang bisa mereka lakukan di Indonesia.

Yang menjadikan berita kunjungan Jokowi ke Singapura ini menjadi heboh adalah tidak adanya Bendera Merah Putih saat Jokowi bertemu presiden Tony Tan Keng Yam. Foto–foto yang tersebar di beberapa media online membuktikan hal tersebut. Dalam pertemuan itu, terlihat hanya ada Bendera Negara dan Bendera Kepresidenan Singapura. Bagaimana tanggapan netizen tentang hal ini? Berikut rangkuman redaksi Eveline khusus untuk anda.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 29 Juli 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Perbincangan kunjungan Jokowi ke Singapura dikomentari sebanyak 4.518 tweet oleh pengguna twitter Indonesia.

Kunjungan Jokowi ke Singapura kali ini diwarnai kritikan pengguna media sosial karena tidak adanya Bendera Merah Putih saat beliau bertemu presiden Singapura, Tony Tan. 1.272 tweet berisi kritikan netizen tersebut. Tak hanya berisi kritikan, netizen pun merasa prihatin dan kecewa terhadap sikap pemerintahan Singapura. Netizen berpendapat bahwa Singapura tidak menghormati Jokowi sebagai seorang presiden dalam pertemuan tesebut.

Masalah tidak adanya Bendera Merah Putih saat pertemuan Jokowi dengan Tony Tan ini langsung direspon cepat oleh juru bicara Kemenlu RI, Arrmanatha Nasir. Lewat akun resmi twitter Kemenlu, Arrmanatha mengatakan bahwa itu merupakan protokol resmi Singapura. Klarifikasi juru bicara Kemenlu RI, Arrmanatha Nasir ini dikomentari netizen sebanyak 360 tweet.

Sekedar informasi, Protokol Singapura mengatur bahwa pertemuan bilateral antara Presiden Singapura dan tamu negara selalu menggunakan Bendera negara dan Bendera kepresidenan. Singapura memang tidak menggunakan Bendera tamu untuk semua pertemuan dengan presiden Singapura di Singapura. Hal ini juga terbukti benar kala pertemuan Putera Mahkota Kerajaan Inggris Pangeran William dengan Presiden Tan Keng Yam yang tidak dilatarbelakangi Bendera Inggris, Union Jack.

Pernyataan Arrmanatha Nasir justru bertolak belakang dengan beberapa foto yang tersebar di media sosial twitter. Di twitter, terdapat beberapa foto mantan presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono yang melakukan kunjungan ke Singapura dan terdapat Bendera Merah Putih disana. Sebanyak 242 tweet berisi pernyataan netizen yang membanding–bandingkan kunjungan kenegaraan SBY dengan Jokowi.

***

5 thoughts on “Kunjungan Jokowi Ke Singapura, Netizen Kritik Tak Ada Bendera Merah Putih

  1. Willys

    “HAIYYA lo ngemis2 datang ke owe ..sekalang lo minta bendela,sono lo beli sendili ya , NIH OWE KASIH UANG BANYAK HAA, YANG PENTING KASUS-KASUS OWE AMAN HAA? BIAL SI LULUNG AJA YANG DI PENJALAIN YA? CINCAYLAA!…”

    Reply
  2. itemkriting

    ya mbok dilihat kenapa disana nggak make bendera merah putih. Jangankan Jokowi, pangeran William datang aja nggak ada bendera Inggris kok. Itu aturan nya Singapura udah kaya gitu -__-

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend