Meski Golkar Tak Nyaman, Dukungan Netizen Mengalir Untuk PAN

Aksi Walkout PAN Saat Paripurna RUU Pemilu Banjir Pujian Netizen

Foto: Istimewa

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Tubagus Ace Hasan Syadzily menanggapi sikap manuver Partai Amanat Nasional (PAN) yang berbeda dengan koalisi partai pendukung pemerintah berkaitan Undang-undang Pemilu. Meski menghargai sikap fraksi PAN, Ace menilai mestinya perbedaan bisa dibicarakan secara bersama-sama dengan koalisi partai pemerintah.

“Karena harapan kami sebagai partai pendukung pemerintah, semua parpol pemerintah satu arah, satu gerak, satu langkah di dalam berbagai kebijakan untuk memperkuat demokrasi kita,” ujar Ace seperti dikutip dari harian Republika.co.id pada Sabtu (22/7).

Sikap walk out PAN dalam rapat paripurna DPR pengambilan keputusan RUU Pemilu Kamis (21/7) membuat tidak nyaman koalisi partai pemerintah, termasuk juga Partai Golkar. Karena, semestinya partai yang tergabung dalam koalisi semestinya memiliki kesadaran untuk mendukung agenda Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

“Jujur harus kami katakan memang seharusnya juga merasa tidak nyaman begitu ya, tapi tentu kami tidak bisa intervensi terhadap kebijakan masing-masing politik itu,” katanya.

Hal berbeda ternyata ditunjukkan oleh netizen atas sikap PAN dalam paripurna DPR saat pengambilan keputusan RUU Pemilu pada Kamis (21/7). Netizen memberikan apresiasinya atas sikap PAN dan siap memberikan dukungan pada saat pilpres 2019 mendatang.

Bahkan tidak sedikit netizen yang menginginkan agar PAN bersama tiga partai lainnya membangun koalisi permanen menghadapi pemilu 2019. Seperti yang ditunjukkan oleh netizen berikut.

Seperti diketahui, Sikap fraksi PAN dalam pengesahan UU Pemilu menjadi salah satu partai yang walk out dari ruang Rapat Paripurna bersama Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKS. Empat fraksi tersebut kalah voting terbuka dalam menentukan pelaksanaan voting lima isu krusial apakah tetap pada Kamis (20/7) malam atau ditunda menjadi Senin (24/7).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend