Modus Wisata Ziarah Gratis Jelang Pencoblosan, Netizen: Ini Upaya Penggembosan

Modus Wisata Ziarah Gratis Jelang Pencoblosan, Netizen: Ini Upaya Penggembosan

Sumber foto: dedenwahyudi / kompasiana

Warga Condet, Kramat, Jakarta Timur mulai waspada dengan modus ajakan wisata ziarah gratis ke makam walisongo. Dikutip dari Republika, seorang warga mengaku ada beberapa orang yang mengajak wisata ziarah gratis, Sabtu (11/2). Mereka mencari majelis taklim kaum ibu yang terletak di sekitar Jalan Eretan 2.

Wisata ziarah gratis ke makam walisongo itu ditawarkan pada ibu- ibu. Perjalanan sendiri akan dimulai hari itu juga yakni tanggal 11 Februari hingga 14 Februari. Lebih lanjut, warga yang diminta keterangannya ini mengaku pihak yang menawarkan wisata ziarah gratis ke makam walisongo itu bukan merupakan warga sekitar.

Kunjungan mereka tak berlangsung lama setelah ada warga berpakaian pensi atau khas betawi menanyakan asal daerah mereka. Tanpa basa- basi, pihak yang mengaku akan memberikan wisata gratis ke makam walisongo itu langsung kabur.

Modus wisata ziarah gratis ke makam walisongo ini pun ramai ditanggapi oleh para pengguna media sosial twitter. Pengguna twitter menduga ini merupakan upaya penggembosan suara menjelang hari pencoblosan. “@republikaonline upaya penggmbosan biar tidak ikut nyoblos!!!” kicau pengguna twitter dengan akun @myrazra.

Pemilik akun @oki_tahkik menduga ada alasan tertentu yang akan dilakukan pihak penyelenggara agar warga yang ikut dengan mereka tidak dapat mencoblos ada hari H pencoblosan. “@republikaonline Alasan macet, kecepatan dilambatin, ataukah dibikin tiba2 mogok, gk bisa nyoblos dech. Tdk ada jaminan tepat waktu.”

Ada juga pengguna twitter yang menyebut jangan buru- buru menuduh semua ini adalah kerjaan pasangan calon yang ingin menang di pilkada. “@republikaonline agama dan keyakinan ditumpangi politik, curiga itu harus tapi klo blm ada bukti sebaiknya jangan menuduh paslon punya kerja,” tulis akun @gdeoka_yudara.

Informasi mengenai adanya dugaan upaya memperbesar angka golput lewat wisata gratis sempat tersebar di jejaring  sosial. Informasi tersebut mengingatkan tentang adanya ziarah Walisongo dari tanggal 11 hingga 14 Februari.

Modus tersebut terungkap karena adanya lembaran fotokopi formulir pendaftaran wisata ziarah gratis di salah satu daerah di Jakarta. Berdasarkan formulir tersebut, ziarah tersebut mengambil rute Jakarta-Jawa-Madura. Para peserta akan mendapatkan penginapan gratis, makan, uang saku hingga oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend