Netizen Apresiasi Sikap Kooperatif Surya Paloh Saat Diperiksa KPK

Surya Paloh Diperiksa KPK – sumber foto : Istimewa

Jumat malam, 23 Oktober 2015 Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menjalani pemeriksaan sebagai saksi atas suap terkait penyidikan di Kejaksaan Tinggi Sumut dan Kejaksaan Agung yang melibatkan kader partainya yang telah mengundurkan diri, Patrice Rio Capella.

Paloh mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekitar pukul 20.00 dan keluar gedung KPK pukul 23.00. Dia mengaku mendapatkan panggilan sebagai saksi untuk Rio. ”Sebenarnya pemeriksaan saya dijadwalkan Senin. Tapi, karena ada acara, saya minta diajukan malam ini,” ucapnya tadi malam. Dia berjanji menjelaskan semuanya setelah menjalani pemeriksaan.

Pantauan redaksi eveline pada  perbincangan di media sosial khususnya Twitter pada periode 23 – 24 Oktober 2015, dengan menggunakan Evello Intelligent Tagging System mendapati sebanyak 5.942 kicauan memperbincangkan pemeriksaaan KPK terhadap Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dicecar penyidik KPK terkait duit suap kepada Patrice Rio Capella yang diduga untuk pengamanan perkara Bansos Sumut yang ditangani Kejagung. Paloh mengakui bahwa penyidik juga mencecarnya soal uang suap sebesar Rp 200 juta yang diterima Rio Capella dari Gatot Pujo Nugroho yang diduga sebagai pelicin agar Rio Capella mau mengamankan kasus Gatot di Kejagung. Pemeriksaan KPK terhadap Surya Paloh lantaran kasus suap yang menimpa Sekjen NasDem, menjadi perbincangan netizen sebanyak 1.180 kicauan.

Sementara itu, sebanyak 882 tweet menyebut kalau KPK memeriksa Surya Paloh sebagai saksi tiga tersangka. Tiga Tersangka yang dimaksud adalah Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti dan Patrice Rio Capella. Juru bicara KPK, Johan Budi mengatakan pemeriksanaan ini dilakukan untuk mengonfirmasi keterangan-keterangan yang disampaikan tersangka.

Sikap kooperatif Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mendatangi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat apresiasi netizen. Terbukti sebanyak 672 kicauan menyebut hal ini. Paloh sebenarnya dijadwalkan diperiksa hari Senin lalu. Akan tetapi, Paloh mengaku berhalangan lantaran sudah memiliki agenda yang sudah direncanakan sebelumnya.

****

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend