Netizen Dukung Grasi Untuk Mantan Ketua KPK Antasari Azhar

Rencana Presiden Joko Widodo Beri Grasi Kepada Antasari Azhar – sumber foto: Istimew

Beberapa waktu belakangan, publik Indonesia ramai bicara tentang Presiden Joko Widodo yang tengah mempertimbangkan pemberian grasi kepada mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Antasari Azhar. Pertimbangan utama pemberian grasi adalah kondisi kesehatan Antasari yang semakin memburuk dan sering dilarikan ke rumah sakit. Selain itu, Antasari juga dinilai mempunyai jasa besar bagi pemberantasan korupsi di Indonesia selama bertugas sebagai Ketua KPK.

Namun, pemberian grasi tidak akan semudah itu, lantaran ada kendala di sisi hukum. Mahkamah Agung menilai permohonan grasi yang diajukan Antasari tidak memenuhi syarat. Menurut Pasal 7 ayat 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2010 tentang Grasi, permohonan grasi diajukan paling lama satu tahun sejak putusan memperoleh kekuatan hukum tetap. Sementara, upaya permohonan peninjauan kembali yang diajukan Antasari ditolak majelis hakim pada Februari 2012.

Sekedar mengingatkan, mantan Ketua KPK ini terjerat kasus pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran (PRB) Nasrudin Zulkarnaen dan dihukum 18 tahun penjara. Presiden Jokowi sendiri sejauh ini telah meminta masukan dari berbagai pihak terkait pemberian grasi dan upaya untuk tidak melanggar peraturan perundangan yang ada.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas rencana pemberian grasi kepada mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 12 – 14 Juli 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 7.422 tweet membicarakan tentang pengajuan grasi oleh Antasari Azhar kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam pertimbangannya, Presiden menganggap Antasari layak diberi grasi mengingat kondisi kesehatannya yang memburuk belakangan serta jasanya dalam pemberantasan korupsi selama memimpin KPK. Hal ini dinyatakan netizen lewat 2.388 tweet.

Sementara itu, netizen juga memperbincangkan berbagai aspek hukum perundangan yang harus dipertimbangkan Presiden sebelum mengeluarkan grasi. Di mana rencananya Presiden akan menerbitkan grasi selepas Lebaran. Hal ini dinyatakan netizen sebanyak 4.164 tweet.

Pernyataan pemerintah tentang layaknya Antasari mendapatkan grasi mendapat dukungan luas netizen Indonesia. Sebanyak 1.863 tweet menyatakan setuju untuk mantan Ketua KPK tersebut diberi grasi. Lebih lanjut, netizen lewat 464 tweet menyatakan Antasari berjasa besar dalam upaya pemberantasa korupsi di Indonesia.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend