Netizen Heboh Rekaman Menteri Hina Presiden Jokowi

Rekaman Suara Menteri Hina Presiden Jokowi – sumber foto: Istimewa

Di saat publik harap-harap cemas menantikan hasil penilaian kinerja menteri Kabinet Kerja, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membuat pernyataan mengejutkan bahwa ada menteri Kabinet Kerja yang menghina Presiden Joko Widodo. Pernyataan ini disampaikan Tjahjo yang juga kader PDI Perjuangan ini pada acara buka puasa bersama di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Minggu 28 Juni 2015 lalu. Berikut kutipan pernyataan Tjahjo Kumolo sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

“Siapa menteri tersebut yang dalam tanda petik tidak loyal, apalagi mengecilkan arti presiden. Saya sebagai Mendagri ada datanya, saya kira Pak Presiden sudah tahu‎,” ucap Tjahjo

Lebih lanjut, Tjahjo menambahkan apa yang dilakukan oleh menteri yang menghina Jokowi bak kacang lupa kulitnya atau tidak tahu terima kasih. Namun Tjahjo Kumolo enggan mengungkapkan identitas menteri yang dimaksudnya.

Pernyataan Tjahjo Kumolo kemudian mendapat tanggapan dari rekan separtainya, Masinton Pasaribu. Anggota Komisi III DPR ini mengungkapkan yang menghina Presiden adalah menteri perempuan, bukan dari partai politik dan bergerak di bawah koordinasi bidang perekonomian. Bahkan, rekaman suara yang disebut sebagai penghinaan tersebut telah banyak beredar.

Menanggapi hal tersebut, sorotan publik pun terarah ke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang merupakan menteri perempuan dari kalangan profesional dan berada di bidang perekonomian. Rini baru saja membubarkan Petral yang dinilai sarat mafia migas bersama dengan Menteri ESDM Sudirman Said.

Terkait dengan pernyataan Tjahjo Kumolo, Rini Soemarno membantah kabar bahwa dirinya telah menghina dan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin yang peragu. Dikutip dari CNNIndonesia.com, Menteri BUMN pada Senin 29 Juni 2015 kemarin menyatakan,

“Itu coba tanya ke dia, dari mana dasarnya? Saya enggak mengerti dasarnya dapat dari mana. Tanya saja kepada mereka yang bicara, jangan ke saya,” tegas Rini.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen atas tuduhan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo yang disebut dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 28 – 30 Juni 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 22.016 tweet membicarakan tentang penghinaan terhadap presiden yang dilakukan seorang menteri kabinet kerja.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.392 tweet membicarakan tentang nama Rini Soemarno yang dianggap sebagai pelaku penghinaan Presiden Joko Widodo. Netizen juga menyoroti beredar luasnya rekaman suara penghinaan presiden yang disebut sebagai suara Rini Soemarno. Hal ini sebut netizen sebanyak 2.299 tweet.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno yang membantah tuduhan dirinya menghina presiden dibicarakan netizen lewat 688 tweet. Yang menarik adalah, netizen banyak yang mengaitkan perang opini tentang penghinaan presiden antara kader PDI Perjuangan dengan Menteri Rini ini terkait erat dengan wacana reshuffle kabinet yang belakangan santer beredar. Sebanyak 8.147 tweet menyebut soal kaitan ini.

***

2 thoughts on “Netizen Heboh Rekaman Menteri Hina Presiden Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend