Netizen Ramai Nyatakan Dukungan Islah Golkar

Islah Golkar – sumber foto: Istimewa

Polemik kedua kubu Golkar yang beberapa waktu belakangan ramai berseteru nampaknya akan segera berakhir. Kabarnya, Jumat 22 Mei 2015 ini, kubu Munas Bali pimpinan Aburizal Bakrie dan kubu Munas Ancol pimpinan Agung Laksono sepakat untuk melakukan proses islah.

Bertempat di gedung Bakrie Tower di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, kubu Munas Bali diwakili Aburizal Bakrie dan Setya Novanto bertemu dengan Yorrys Raweyai dari kubu Munas Ancol. Tidak nampak Agung Laksono dalam pertemuan tertutup tersebut. Nama Wakil Presiden Jusuf Kallah disebut berada di belakangan pertemuan kedua kubu ini.

Paska pertemuan, baik Aburizal Bakrie dan Setya Novanto menyatakan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk melakukan islah dan akan membentuk tim berisi perwakilan masing-masing kubu untuk membicarakan teknis pelaksanaan islah. Menurut keduanya, alasan yang melatarbelakangi islah adalah upaya penyelamatan partai berlambang pohon beringin serta semakin dekatnya proses pendaftaran calon Pilkada serempak.

Sebagaimana diketahui, Komisis Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar pendaftaran pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah serentak pada 26 – 28 Juli 2015. KPU meminta agar kedua kubu berseteru untuk segera melakukan islah atau terancam tidak bisa berpartisipasi. Juga, pada Senin 18 Mei 2015 lalu, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta mengabulkan gugatan Golkar kubu Aburizal Bakrie terhadap Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. PTUN bahkan meminta Kemenkum HAM mencabut SK pengesahan kepengurusan Golkar kubu Agung Laksono.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas pertemuan kubu Aburizal Bakrie dan Agung Laksono yang mengarah ke islah ini? Berikut redaksi Eveline merangkumnya untuk Anda.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 20 – 22 Mei 2015. Di mana terdapat 12.289 tweet membicarakan tentang hasil keputusan PTUN yang memenangkan tuntutan kubu Aburizal Bakrie terhadap Menkumham untuk membatalkan SK tentang kepengurusan sah Golkar di tangan kubu Agung Laksono.

Sementara itu, suara paling besar netizen lewat 21.243 tweet yang menyatakan dukungan atas kabar dicapainya kesepakatan kedua belah pihak untuk melakukan islah. Sementara, 4.699 tweet menyebut Aburizal Bakrie dan 4.338 tweet menyebut Agung Laksono sebagai dua tokoh yang paling berkepentingan dalam islahnya Partai Golkar. Sedangkan rencana pembentukan tim islah dari kedua kubu dibicarakan netizen sebanyak 588 tweet.

***

2 thoughts on “Netizen Ramai Nyatakan Dukungan Islah Golkar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend