Netizen Ramai Perbincangkan Laporan Setya Novanto ke Bareskrim

Netizen Ramai Perbincangkan Laporan Setya Novanto ke Bareskrim

Laporan Setya Novanto ke Bareskrim – sumber foto : istimewa

Kasus pencatutan nama Presiden pada kasus perpanjangan kontrak PT. Freeport semakin memanas. Setelah Ketua DPR RI Setya Novanto memberi keterangan tertutup di MKD, sekarang dia melayangkan laporan terhadap Sudirman Said ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Jakarta, Rabu 9 Desember 2015.

Kasus ini bermula dari laporan Menteri ESDM yang mengadukan Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) karena diduga telah mencatut nama Presiden dan Wapres dalam perpanjangan kontrak Freeport. Bukti rekaman pembicaraan antara Setya Novanto, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, dan pengusaha minyak M Riza Chalid yang berisi dugaan pencatutan nama sudah diserahkan ke MKD.

Dalam persidangan MKD, Sudirman Said selaku pengadu dan Maroef Sjamsoeddin sebagai saksi telah diminta keterangannya. Sementara Ketua DPR Setya Novanto selaku teradu juga telah dimintakan keteraangan oleh MKD dan menolak menjawab karena menilai rekaman diperoleh secara ilegal. Sementara Riza Chalid yang akan diperiksa MKD pada Kamis 3 Desember 2015 tidak hadir diduga sedang berada di luar negeri.

Dari hasil pantauan di media sosial, khususnya Twitter. Redaksi eveline mendapati sebanyak 42.767 tweet, memperbincangkan tentang pemeriksaan MKD terhadap Setya Novanto. Netizen juga sebut Setya Novanto Balik Laporkan Menteri ESDM ke Bareskrim Polri, terpantau redaksi eveline pada laman twitter sebanyak 1.655 tweet. Pemantauan ini dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System pada periode 9 Desember 2015.

Menurut pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya, mereka melaporkan sejumlah tindak pidana yang diduga dilakukan Sudirman Said. Di antaranya adalah fitnah, penghinaan serta pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Suara netizen terangkum redaksi eveline yang membincangkan alasan Setya Novanto laporkan Sudirman Said sebanyak 504 tweet pada laman twitter.

Laporan Setya Novanto ke pihak Bareksrim menjadikan kasus papa minta saham ini bertambah panjang. Netizen sebut, laporan setya novanto sebabkan kasus freeport bertambah panjang terekam redaksi eveline sebanyak 209 cuitan. Beragam reaksi para netizen terhadap laporan Setya Novanto ke polisi, redaksi eveline merangkum beragam cuitan para netizen berikut ini, akun hardyoel ‏@hardy_141077 : “Weleh-weleh. Apakah ini salah satu akibat #MKDBobrok ? Dalih Setya Novanto Laporkan Menteri ESDM Sudirman ke Polisi”, juga akun Dina M ‏@dinamd_ : “SN…SN kok ga sadar diri sih? > Setya Novanto Laporkan Sudirman Said ke Bareskrim”, dan akun budiman ‏@Budimankoi : “Berani-beraninya Setya Novanto laporkan Mentri Sudirman Said ke Mabes Polri. Padahal dia akan segera ditahan Kejagung”.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend