Netizen Soroti PAN Bergabung Dengan Pemerintahan Jokowi

PAN Bergabung Dengan Pemerintah – sumber foto: Istimewa

Perpecahan di kubu Koalisi Merah Putih (KMP) nampaknya benar-benar mewujud. Setelah pada Rabu, 2 September 2015 kemarin, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengumumkan secara resmi bergabung ke koalisi partai politik pendukung pemerintahan, Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Dalam jumpa pers di Istana Negera setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Zulkifli Hasan mengumumkan keputusannya ini.

“Pada hari ini, kami menyatakan bergabung. Kalau sebelumnya mendukung, kini kami menyatakan bergabung dengan pemerintah untuk sukseskan program pemerintah,” kata Zulkifli sebagaimana dikutip dari Kompas.com

Dalam jumpa pers tersebut, Zulkifli Hasan didampingi Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Ketua Majelis Pertimbangan PAN Sutrisno Bachir, dan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto. Zulkifli menyebut keputusan PAN bergabung ke koalisi pendukung pemerintahan sudah dikonsultasikan dengan Majelis Pertimbangan Partai dan juga seluruh jajaran internal partai itu.

Sementara itu, Wakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera Fahri Hamzah mengaku tak percaya bahwa Partai Amanat Nasional bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat. Menurut Fahri, parpol yang ada di Koalisi Merah Putih, dalam berbagai kesempatan, memang kerap ditawari Jokowi untuk bergabung ke pemerintah. Namun, KMP sudah membuat kesempatan untuk solid bersama-sama menjadi oposisi.

Begitu pula dengan Koordinator Pelaksana Koalisi Merah Putih Idrus Marham yang merasa kaget mengenai kabar bergabungnya Partai Amanat Nasional dengan pemerintah dalam Koalisi Indonesia Hebat. Idrus mengaku belum mengetahui informasi tersebut.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) dengan koalisi pendukung pemerintahan Jokowi? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 2 – 3 September 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 20.569 tweet yang membicarakan tentang bergabungnya PAN dengan pemerintah.

Netizen juga menyebut, bergabungnya PAN dengan pemerintah sama artinya dengan PAN bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang merupakan koalisi partai politik pendukung pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla. Hal ini dinyatakan netizen lewat 3.048 tweet.

Dengan bergabungnya PAN ke pemerintah, disebut-sebut partai berlambang matahari ini akan mendapatkan jatah 3 kuris menteri di Kabinet Kerja. Sinyalemen soal kursi menteri untuk Partai Amanat Nasional ini dibicarakan netizen sebanyak 652 tweet.

Juga, netizen menyebut soal keputusan bergabungnya PAN ke pemerintah sama dengan loncatnya Pan dari Koalisi Merah Putih (KMP). Dalam hal ini, netizen menyebut PAN tinggal sejarah di KMP. Ini dinyatakan lewat 1.503 tweet.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend