Paska Kerusuhan, Netizen Bicarakan Lambang Israel di Tolikara

Lambang Israel di Tolikara Papua – sumber foto: Istimewa

Paska kerusuhan bernuansa SARA di Tolikara Papua, publik masih ramai membicarakan pembakaran masjid dan ruko yang menewaskan setidaknya 1 orang tersebut. Sinyalemen adanya keterlibatan pihak asing dalam perisitiwa tersebut banyak menjadi perbincangan. Apalagi setelah Kepala BIN yang baru, Sutiyoso memberikan pernyataan yang tidak membantah sinyalemen tersebut.

Berbagai pihak saling memberikan pendapat mengenai masalah yang melatarbelakangi kerusuhan SARA di Tolikara. Salah satunya yang diungkapkan politikus Partai Keadilan Sejahtera Hidayat Nur Wahid. Pada Kamis 23 Juli 2015 kemarin, Hidayat menyampaikan temuan tim Komite Umat untuk Tolikara.

Satu poin yang menarik perhatian publik dari paparan Hidayat adalah temuan banyaknya lambang Israel di rumah-rumah di Tolikara. Sebagaimana dikutip Tempo.co, Hidayat menyebut “Kenapa¬† ada bendera bangsa Israel di Papua? Ini sangat layak dipertanyakan.”

Hidayat Nur Wahid lebih lanjut menyatakan permasalahan di Papua sangat rentan untuk menjadikan kepentingan bagi pihak asing mengeluarkan Papua dari NKRI. Soalnya di Papua jarang terjadi konflik antaragama, sekalipun ada hanya antarsuku. Karena itu, Hidayata mencurigai, konflik sengaja diciptakan agar situasi Papua memburuk.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas penemuan lambang negara Israel berupa bintang Daud di Tolikara Papua? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 23 – 24 Juli 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 36.222 tweet membicarakan tentang kerusuhan SARA pembakaran masjid di Tolikara Papua.

Mayoritas netizen menyatakan percaya adanya keterlibatan pihak asing dalam kerusuhan tersebut. Hal ini dinyatakan netizen lewat 3.876 tweet. Menurut netizen, hal ini tak lepas dari berbagai kepentingan asing, terutama terkait dengan potensi alam luar biasa yang ada di bumi cenderawasing tersebut.

Lebih lanjut, terkait dengan penemuan lambang negara Israel di rumah-rumah di Tolikara, netizen pun tak kalah ramai memperbincangkannya. Sebanyak 1.333 tweet menyebut soal penemuan tim Komite Umat untuk Tolikara tersebut. Netizen mempertanyakan apa maksud keberadaan lambang Israel di Tolikara sementara Indonesia sendiri tidak menjalin hubungan diplomatis dengan negara zionis tersebut.

Netizen juga mendesak aparat kepolisian dan TNI untuk menyelidiki keberadaan lambang Israel di bumi Papua. Lewat 337 tweet netizen menegaskan permintaan tersebut kepada pihak keamanan.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend