Patrice Rio Capella Ajukan Praperadilan Jadi Sorotan Netizen Indonesia

Patrice Rio Capella Ajukan Praperadilan – sumber foto: Istimewa

Mantan Sekretaris Jendelan (Sekjan) Partai Nasdem, Patrice Rio Capella akhirnya mengajukan praperadilan atas penetapan dirinya oleh KPK sebagai tersangka dalam kasus dugaan menerima gratifikasi terkait proses penanganan perkara bantuan daerah, tunggakan dana bagi hasil, dan penyertaan modal sejumlah Badan Usaha Milik Daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis 15 Oktober 2015 lalu menetapkan pria asal Bengkulu ini sebagai tersangka. Hal itu merupakan hasil pengembangan penyelidikan kasus korupsi yang melibatkan Gubernur Sumaterra Utara, Gatot Pujo Nugroho.

Pengacara Patrice Rio Capella, Maqdir Ismail membenarkan pengajuan praperadilan tersebut. Menurutnya ada 5 alasan kliennya mengajukan praperadilan, yaitu pertama pihaknya mengganggap perkara yang menimpa suamin Restuty Aprilla ini bukan merupakan kewenangan KPK. Kedua, pihaknya memandang penetapan Rio sebagai tersangka ini pun tidak memenuhi ketentuan dalam undang-undang KPK dan KUHAP.

Ketiga, penyelidik dan penyidik KPK yang melakukan penyelidikan dianggap tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang yang ada. Keempat Patrice Rio mempermasalahkan perbedaan pasal yang diterapkan terhadapnya dan terhadap tersangka lain, Gubernur Gatot, di kasus yang sama. Terakhir pihaknya menduga penetapan Patrice Rio Capella sebagai tersangka karena diikuti kepentingan lain.

“Cara penegakkan hukum seperti ini tidak benar, saya tidak tahu ini kebijakan lembaga atau orang tertentu, tapi cara seperti ini tidak tepat,” ujar Maqdir sebagaimana dikutip dari Republika.com

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Made Sutrisna membenarkan bahwa Patrice Rio Capella mengajukan praperadilan ke lembaganya. Pengajuan ini terdaftar 100/PID.PRAP/2015/PN.JKT.SEL dan saat ini tengah diproses untuk penunjukan hakim.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas pengajuan praperadilan oleh mantan Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 26 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 1.052 tweet membicarakan tentang pengajuan praperadilan oleh Patrice Rio Capella. Netizen menyebut-nyebut soal kasus korupsi bansos Sumatera Utara sebagai perkara yang menjerat anak buah Surya Paloh ini.

Netizen menyebut, pihak KPK menetapkan Patrice Rio Capella setelah mendapat pengakuan mantan Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho perihal Patrice yang menjanjikan bisa mengamankan kasus bansos dengan menghubungi Jaksa Agung, M Prasetyo. Hal ini diungkapkan netizen lewat 1.800 tweet.

Sementara itu, terkait dengan pengajuan praperadilan, netizen menyebut sidang akan digelar pada Jumat depan. Hal ini diungkapkan netizen melalui 227 tweet.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend