Pemberian Gelar Pahlawan pada Gus Dur, Netizen Sebut Tinggal Tunggu Waktu

Pemberian gelar pahlawan pada mantan Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur tinggal menunggu waktu saja. Dikutip dari detiknews, Gus Dur telah disetujui menyandang status Pahlawan Nasional. Namun untuk penganugerahan gelarnya masih menunggu dari pemerintah.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, nama Gus Dur telah diputuskan sebagai Pahlawan Nasional pada 2013 lalu. Namun untuk penganugerahannya masih manunggu waktu. “Gus Dur sudah pernah diputuskan di 2013, dan dipending sesungguhnya hanya menunggu waktu. Itu catatan dari dewan gelar,” ujar Khofifah

Dengan menggunakan platform  Evello Intelligent Tagging System, redaksi Eveline memantau perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 7-9 November 2015.Terdapat 5.670 tweet perbincangan tentang rencana pemberian gelar pahlawan pada Gus Dur. Sedang 2.793 tweet netizen menyebut gelar pahlawan untuk Gus Dur tinggal menunggu waktu saja.

Ditegaskan Khofifah, status kepahlawanan tokoh NU itu sudah selesai. Rencana penyematan gelar itu sudah melewati proses yang panjang. “Jadi kalau kepahlawanan Gus Dur itu dari TP2GP itu sudah selesai, dari dewan gelar sudah selesai tinggal menunggu saat proses penganugerahan. Jadi tidak ada catatan apapun, semua sudah selesai, tinggal menunggu saat penganugerahannya,” katanya.

Menurut Khofifah, untuk memberikan gelar pahlawan nasional kepada seseorang harus berdasarkan usulan dari masyarakat di daerah, kemudian diajukan oleh pemerintah daerah hingga selanjutnya diproses di tingkat pusat.‎

Ia menjelaskan proses pemberian gelar pahlawan nasional ini sifatnya bottom up, tidak ada yang top down. Artinya ada usulan masyarakat, kemudian dibahas di TP2GP kabupaten/kota. Salah satunya harus ada seminar yang memberikan verifikasi terhadap perjuangan serta pengorbanan dari sosok yang sedang diusulkan sebagai pahlawan nasional.

Berhembusnya kabar bahwa adanya motif politis dalam pemberian gelar pahlawan bagi Gus Dur ini langsung dibantah oleh Khofifah. Khofifah juga membantah bahwa pemerintah meminta timbal balik dalam pemberian gelar pahlawan ini. Adanya motif politis dalam pemberian gelar pahlawan pada Gus Dur ini dikomentari pengguna twitter Indonesia sebanyak 1.092 tweet.

Netizen pun berkomentar soal pemberian gelar pahlawan pada Gus Dur. Berikut kutipan salah satu pengguna media sosial twitter tentang gelar pahwalan pada Gus Dur. “Gus Dur nggak butuh gelar pahlawan, tapi beliaumemang sudah pahlawan” cuit netizen dengan akun @EdoSuhartanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend