Perayaan Kemerdekaan, Netizen Dikagetkan Penggunaan Atribut PKI

Beredarnya isu bahwa pemerintah akan memberikan permintaan maaf kepada korban PKI 1965 terjawab sudah. Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada Jumat 14 Agustus 2015 lalu tidak membahas sama sekali soal rencana tersebut.

Sebelumnya muncul berbagai penolakan oleh masyarakat Indonesia yang disuarakan oleh Netizen agar pemerintah tidak meminta maaf kepada PKI (Baca : Wacana Permintaan Maaf Negara Kepada Partai Komunis Indonesia, Netizen Tegas Menolak). Bahkan aksi nyata penolakan wacana permintaan maaf pada PKI dan keluarga korban dalam bentuk demonstrasi pun sudah mulai terjadi.

Akan tetapi kelegaan Netizen tersebut tidak berlangsung lama. Dalam karnaval atau kirab budaya yang digelar Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur dicederai dengan adanya peserta yang membawa atribut Partai Komunis Indonesia. Karnaval yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan tersebut bermaksud menampilkan tonggak sejarah perjalanan perjuangan Bangsa Indonesia. Alih-alih memperlihatkan tonggak sejarah perjuangan Bangsa, justru malah simbol-simbol PKI yang menurut pihak kepolisian sengaja dipertontonkan ke masyarakat.

Pantauan redaksi eveline penggunaan atribut PKI dalam karnaval atau kirab budaya Pemerintah Kabupaten Pamekasan cukup menarik perhatian onliner twitter Indonesia. Data yang dkumpulkan mulai 15-16 Agustus 2015, perbincangan tentang penggunaan atribut PKI di Pamekasan menuai 3.380 tweet. Banyak dari onliner twitter yang menyatakan tidak setuju dengan munculnya atribut dan simbol-simbol PKI di ranah publik.

Onliner twitter juga menyatakan dukungannya agar polisi memeriksa secara tuntas insiden tersebut. Lewat 556 tweet onliner mendukung polisi agar bertindak tegas agar peristiwa serupa tidak terulang kembali dimasa mendatang.

Lebih jauh, onliner twitter juga menyampaikan penolakan terhadap hidupnya paham komunisme di Indonesia. 772 tweet dikicaukan onliner sehubungan dengan tidak sesuainya ajaran komunisme dengan Pancasila dan sejarah pengkhianatan yang pernah dilakukan oleh PKI. Para onliner ini selain menolak, pada akhirnya juga meminta aparat untuk tegas terhadap bangkitnya komunisme di Indonesia. 227 tweet bahkan berbagi pernyataan melalui linimasa twitter agar komunisme ditindak tegas.

Onliner twitter bahkan mengingatkan pada pengguna twitter lainnya agar waspada terhadap kebangkitan kembali kekuatan komunis di Indonesia melalui PKI. Sebanyak 458 tweet dibagikan para onliner bahwa kewaspadaan terhadap bahaya PKI tidak boleh kendur dilakukan.

****

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend