Pilkada Serentak Dihelat, Netizen Himbau Masyarakat Tidak Golput

Pilkada Serentak Dihelat, Netizen Himbau Masyarakat Tidak Golput

Pilkada serentak dihelat hari ini Rabu (09/12), merupakan ajang pesta demokrasi terbesar di Indonesia. Pasalnya Pilkada yang dilakukan pada 2015 kali ini adalah yang pertama kalinya dilakukan secara serentak hampir di seluruh daerah di Indonesia, dengan harapan agar seluruh masyarakat dapat bersama-sama ikut serta meramaikan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan memenuhi kewajibannya untuk mencoblos saat pilkada.

Pilkada kali ini berlangsung dengan tahapan pemilihan dan hari pencoblosan yang bersamaan untuk 269 pemilihan kepala daerah, yang terdiri dari 9 tingkat provinsi pemilihan gubernur, 30 kota pemilihan wali kota dan 224 kabupaten pemilihan bupati.

Seluruh 269 pemilihan kepala daerah itu berlangsung di 32 dari 34 provinsi Republik Indonesia. Hanya dua provinsi yang tak ikut menyelenggarakan Pilkada 2015. Keduanya kebetulan daerah khusus, yakni DKI Jakarta, dan Nangroe Aceh Darussalam.

Dari hasil pantauan di media sosial, khususnya Twitter. Redaksi eveline mendapati sebanyak 12.689 tweet, Netizen memperbincangkan tentang kewajiban masyarakat untuk mencoblos saat Pilkada Serentak 2015. Pemantauan ini dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System pada periode 9 Desember 2015.

Masyarakat Indonesia dihimbau untuk tidak golput atau abstain saat pilkada. Netizen juga memperbincangkan agar masyarakat tidak golput pada pilkada 2015 kali ini, sebanyak 10.283 kicauan pada media sosial Twitter. Salah satunya dicuitkan akun twitter @SaveIDN yang isi tweetnya demikian,”Mari bersatu memberi pelajaran pada parpol jahat! Jangan golput!”.

Sementara itu, sebanyak 3.245 tweet oleh Netizen Indonesia ikut menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Diketahui selama ini masyarakat yang kebanyakan tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu dihuni oleh masyarakat yang pintar-pintar dan kritis-kritis, yang sangat mengetahui keadaan perpolitikan di Indonesia.

Sebaliknya masyarakat yang banyak menggunakan hak pilihnya justru kebanyakan dari kalangan yang kurang mengetahui keadaan calon pemimpin yang akan dipilihnya, sehingga sering terjadi salah memilih pemimpin. Padahal kecerdasan dan ketelitian seluruh masyarakat Indonesia dalam memilih pemimpin bangsa ini sangat penting sekali, karena suara rakyat menentukan masa depan bangsa kita.

Lebih lanjut mengenai pilkada, Netizen Indonesia juga menghimbau masyarakat untuk mengawasi jalannya pilkada 2015, dengan mengalirkan sebanyak 2.449 tweet himbauan, agar Pilkada dapat berlangsung lancar dan damai.

One thought on “Pilkada Serentak Dihelat, Netizen Himbau Masyarakat Tidak Golput

  1. yanti

    melihat pekerkembangan berita…demokrasi yang bersih sdh berjalan dengan cukup baik di pilkada kali ini…tp yang perlu diwaspadai adalah nanti biasanya…buntutnya masih ada aja cerita mengenai politik uang…hmmm…semoga rakyat jauh lebih pintar sekarang…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend