Pimpinan DPR Rapat Paripurna Pakai Masker, Netizen Sindir #StopCariMuka

Pimpinan DPR Pakai Masker Saat Sidang Paripurna – sumber foto: Istimewa

Hari ini, Jumat, 30 Oktober 2015, kelima pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) membuat aksi sensasional saat menggelar sidang paripurna pengesahan Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016. Aksi yang dilakukan Setya Novanto (F-Golkar), Fadli Zon (F-Gerindra), Fahri Hamzah (F-PKS), Agus Hermanto (F-Demokrat), dan Taufik Kurniawan (F-PAN) tersebut disebut-sebut sebagai bentuk solidaritas terhadap korban bencana asap.

Alih-alih mendapat simpati, kelima pimpinan DPR justru mendapat cercaan dari anggota dewan yang mengikuti sidang. Terutama saat mereka tetap menggunakan masker saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di awal sidang.

Protes keras dilayangkan anggota DPR Fraksi PDIP Henry Yosodiningrat yang menyebut aksi pimpinan DPR tersebut memberi contoh buruk.

“Saya minta masker itu dilepas. Besok gunakan cadar, gunakan topi koboi. Jangan lakukan hal ‎yang tidak patut di ruang sidang,” kata Henry sebagaimana dikutip dari Liputan6.com

Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Johny G Plat tegas mengkritik aksi pimpinan DPR tersebut dan menyebutnya sebagai pencitraan yang mencari sensasi dan jauh dari substansi permasalahan kabut asap yang melanda Indonesia beberapa bulan terakhir.

“Jadi lucu saat ratusan ribu rakyat kesulitan napas, kita bawa dalam dagelan politik. Kami kecewa dengan sikap simbolis, masalah asap jangan sampai dipolitisasi,” ucap Johny sebagaimana dikutip dari Kompas.com

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizken Indonesia atas aksi lima pimpinan DPR yang memakai masker saat sidang paripurna hari ini? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 30 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 3.108 tweet membicarakan tentang sidang paripurna DPR RI yang membahas soal pengesahan RAPBN 2016.

Mayoritas netizen menyoroti aksi lima pimpinan DPR yang memakai masker saat memimpin sidang paripurna tersebut. Lewat 1.353 tweet, netizen mempertanyakan maksud para Setya Novanto, Fadli Zon, Fahri Hamzah, Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan tersebut.

Alih-alih memuji aksi para pimpinan DRP, netizen justru menyindir mereka dengan menyebut pimpinan DPR cari muka. Netizen menggunakan hashtag #StopCariMuka untuk menyampaikan sindiran ini yang telah dicuitkan sebanyak 422 tweet.

Lebih lanjut, netizen menyatakan penolakannya atas aksi politikus yang mencari popularitas dengan menumpang isu kabut asap. Mereka menyebut publik tidak bisa dibohongi dengan cara seperti itu. Hal ini ditegaskan netizen lewat 353 tweet.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend