Politisi Demokrat Luruskan History Pembelian Kapal Selam dari Korsel

Politisi Demokrat Luruskan History Pembelian Kapal Selam dari Korsel

Sumber foto: detik / kompas

Kapal selam baru milik TNI Angkatan Laut, KRI Nagapasa 403 telah sampai di Indonesia, Senin (28/8) siang. Kapal yang dibuat di Korea Selatan ini diberangkatkan sejak tanggal 11 Agustus 2017 lalu.

Dikutip dari Kompas, KRI Nagapasa 403 ini dibuat sejak tahun 2015. Kapal selam tersebut dilengkapi delapan peluncur torpedo. Selain itu, kapal ini juga bisa menyebarkan ranjau.

KRI Nagapasa dilengkapi peralatan elektronik canggih, baik untuk sistem senjata maupun navigasi. Secara teknologi sudah maju dan siap untuk mendukung operasi pengamanan laut di Indonesia.

Sayangnya kabar media ini dibantah oleh politisi Partai Demokrat, Rachland Nashidik. Menurut Rachland, kapal ini dipesan pada tahun 2011 pada jaman pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal tersebut diungkapkan lewat akun twitter miliknya, @ranabaja.

Tak hanya KRI Nagapasa 403, setidaknya ada 3 kapal selam yang dipesan pemerintah dari Korsel. Selain 3 kapal selam, Presiden SBY juga telah membeli 8 heli serbu Apache dari AS.

Rachland menyesalkan media yang tidak melihat history pembelian kapal selam dari Korsel tersebut. Seakan- akan pembelian kapal selam ini bisa dibuat sewaktu- waktu.

Komentar senada juga datang dari pengguna twitter lain @panca66. Pemilik akun ini juga membantah bahwa kapal selam yang dipesan dari Korsel tersebut dibuat pada tahun 2015. Menurutnya, kapal selam KRI Nagapasa 403 ini dipesan tahun 2011 dan kemudian dibuat pada 2013.

Pemilik akun ini pun menjelaskan detail skema pemesanan KRI Nagapasa 403. Pada KRI Nagapasa 403, total pembuatan 100% di Korsel. Setelah itu, dua kapal selam lainnya mempunyai metode berbeda. Pada kapal selam kedua, pembuatan tetap di Korsel namun 50% tenaga kerja berasal dari Indonesia.

Berbeda lagi pada mekanisme pembuatan kapal selam yang ketiga. Kapal selam ketiga nantinya akan dibuat 100% di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend