Prabowo Subianto Berulangtahun ke 64, #HBDPrabowo Jadi Trending Topic

Ulang Tahun Prabowo Subianto ke 64 – sumber foto: Istimewa

Hari ini, Sabtu 17 Oktober 2015, adalah hari istimewa untuk Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Karena, di hari ini, mantan Danjen Kopassus yang juga calon Presiden RI pada Pilpres 2014 lalu merayakan hari ulang tahunnya ya ke 64 tahun.

Prabowo Subianto lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Prabowo adalah putra ketiga dari pasangan ekonom Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar. Prabowo menghabiskan masa kecilnya di luar negeri mengikuti sang ayah. Baru setelah lulus SMA di London, Prabowo kembali ke Indonesia dan masuk Akademi Militer di Magelang pada 1970.

Karir militer Prabowo terbilang cemerlang. Lulus Akmil tahun 1974, Prabowo diangkat sebagai Komandan Pleton Grup I Para Komando Komando Pasukan Sandhi Yudha pada 1976 dan tercatat sebagai komandan termuda Tim Nanggala dalam operasi militer di Timor Timur. Berderet pencapaian lain menjadikan Prabowo pada 1995 diangkat sebagai Danjen Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Karir militer Prabowo tercoreng ketika disebut terlibat dalam kasus penculikan aktifis pro demokrasi. Namanya juga dikaitkan dengan Tragedi Mei 1998 yang berujung kerusuhan rasial di berbagai kota. Setelah Soeharto lengser dan digantikan BJ Habibie, Prabowo yang saat itu menjabat Pangkostrad dipecat dari posisinya.

Selepas tak berkecimpung di dunia militer, Prabowo Subianto sempat menghabiskan beberapa tahun di luar negeri. Dia pun kemudian menekuni dunia bisnis menyusul adiknya, Hashim Djojohadikusumo, yang terlebih dulu jadi pengusaha. Bisnis Prabowo berkembang di berbagai bidang, antara lain perkebunan, tambang, kelapa sawit, dan batu bara.

Setelah kembali ke Indonesia, Prabowo Subianto terjun ke dunia politik. Di tahun 2004 menjadi peserta pemilihan calon presiden dari Partai Golkar namun gagal, akhirnya Prabowo mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada 2008.

Di pemilu 2009, Prabowo Subianto berpasangan dengan calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri namun kalah. Tak patah arang, Prabowo kembali mencalonkan diri sebagai Presiden pada Pilpres 2014 dengan dukungan berbagai partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih, namun kembali kalah.

Prabowo Subianto sempat menikah dengan Siti Hediati Hariyadi, putri mantan Presiden Soeharto pada 1983, namun bercerai pada 1998. Mereka memiliki seorang anak bernama Ragowo “Didiet” Hediprasetyo yang sekarang tinggal di Paris dan berprofesi sebagai desainer.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas ulang tahun Prabowo Subianto yang ke 64 tahun? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 17 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 1.410 tweet dicuitkan netizen Indonesia mengucapkan selamat ulang tahun kepada Prabowo Subianto melalui hashtag #HBDPrabowo. Hashtag ini menjadi trending topic linimasa Twitter Indonesia hari ini.

Sebanyak 145 tweet menyuarakan ungkapan terima kasih atas pengabdian Prabowo Subianto selama ini, baik saat berkarir di dunia militer maupun selepasnya. Kemudian, lewat 169 tweet, netizen menyampaikan harapan semoga Prabowo Subianto panjang umur dan terus berkontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*