Priyo Budi Tolak Wacana Aklamasi, Masih Banyak Tokoh Lain

Priyo Budi Tolak Wacana Aklamasi, Masih Banyak Tokoh Lain

Foto: tribunbali / liputan6

Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Golkar, Priyo Budi Santoso menilai ada sejumlah pihak yang sedang membangun wacana pemilihan secara aklamasi pada Airlangga Hartarto di Munaslub Golkar nanti.

Padahal, menurut Priyo, selama ini Golkar sudah membangun mekanisme demokrasi yang sehat dan bisa diterima semua kader. Selain itu, mantan Wakil Ketua DPR itu menegaskan bahwa Airlangga bukanlah seorang putra mahkota itu partai Golkar.

“Memang sah-sah saja bila hendak diarahkan adanya aklamasi dimaksud sebagai bentuk lain demokrasi. Tapi kan masih banyak tokoh berprestasi dan berkharisma di internal Golkar,” ujar Priyo di Gedung DPR, Senayan, Selasa (5/12).

“He (Airlangga) is not the only one (Dia bukan satu-satunya-Red) dalam Partai Golkar. Masih bertebaran tokoh-tokoh lain,” kata Priyo Budi Santoso di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (5/12).

Karena itu, Priyo menilai sebaiknya upaya menggiring wacana aklamasi di pemilihan ketua umum Golkar demi satu-satunya nama calon agar dihentikan. Hal ini justru mengkhawatirkan karena nantinya akan merusak demokrasi yang sudah dibangun.

“Janganlah digiring ke arah aklamasi. Karena itu hanya menimbulkan persepsi seolah-olah Airlangga adalah putra mahkota Golkar yang tinggal ketok palu saja,” kata Priyo. ‎

Priyo juga mengusulkan agar kesempatan untuk menjadi ketua umum dibuka seluas-luasnya. Karena, setidaknya masih ada tiga sampai lima figur lain di luar Airlangga yang berpotensi. Termasuk dirinya sendiri, walau belum memutuskan akan maju sebagai calon ketua umum‎

“Misalnya ada Mbak Titiek (Soeharto), Idrus Marham, Azis Syamsudin, Mahyudin,” pungkas Priyo.‎‎

Sebelumnya nama Airlangga Hartarto digadang-gadang menjadi calon ketua umum partai Golkar. Ia bahkan disebut-sebut telah menerima restu dari Presiden Joko Widodo.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend