Ragam Komentar Netizen Tanggapi Hak Imunitas Victor Laiskodat

Beredar Video Politikus Nasdem Tuding Empat Partai Intoleran

Foto: Istimewa

Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf menegaskan politikus Partai Nasdem, Viktor Bungtilu Laiskodat tidak bisa menggunakan hak imunitasnya untuk menghindari jeratan hukum. Sebelumnya Viktor sempat menyebut Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Partai Demokraf sebagai pendukung ekstremisme lantaran menolak Perppu Ormas. Akibatnya Victor dimeja hijaukan oleh sejumlah partai yang ditudingnya.

“Hak imunitas itu diberikan kepada anggota DPR RI dalam sidang. Karena di dalam sidang ada beberapa hal yang mungkin saja kalau diluar itu dinyatakan ada yang salah, misalnya terkait dengan hal-hal kebijakan, pemerintahan, anggaran, dan pengawasan,” jelasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, seperti dikutip dari republika.co.id pada Minggu (6/8).

Sebelumnya, Anggota Fraksi Nasdem DPR Ahmad Syahroni menuturkan Victor dilindungi hak imunitas sehingga tidak bisa diajukan penuntutan atas pernyataannya ketika melakukan tugas.

Syahroni menuturkan hak imunitas ini menjamin anggota DPR mengutarakan pendapat ketika melaksanakan tugasnya, termasuk ketika reses. Ketika reses, anggota DPR melakukan kegiatan di luar gedung DPR seperti melakukan kunjungan kerja di daerah pemilihan.

Menurut Syahroni, hak ini dijamin dalam UUD 1945, Pasal 20A, ayat (3) serta dikuatkan dalam Pasal 224 Undang-Undang MD3. Karena itu, dia mengatakan, Victor tidak dapat dikenakan sanksi apapun karena memiliki hak imunitas bersifat absolut mutlak.

Terhadap polemik hak imunitas anggota DPR RI, netizen pun ramai memberikan komentarnya. Sebagian besar netizen memprotes apabila hak imunitas diberikan secara absolut kepada anggota DPR.

Netizen lainnya juga menyebutkan bahwa hak imunitas tidak boleh melanggar hukum. Hal ini diutarakan oleh akun @BangJapar_id.

Secara terpisah, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyetujui langkah sejumlah partai politik (parpol) melaporkan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Victor Bungtilu Laiskodat, ke kepolisian.

Menurut JK, langkah hukum adalah solusi tepat untuk menyelesaikan masalah. JK mengaku tidak ingin parpol-parpol itu justru berseteru di ruang publik atas konflik yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend