Refly Harun Jadi Komut, Publik Media Sosial Bereaksi

Jasa Marga

Kabar pendukung atau relawan Jokowi pada putaran Pilpres 2014 mulai mendapat jabatan di beberapa BUMN mulai merebak setelah Refly Harun diangkat menjadi Komisaris Utama PT. Jasa Marga. Refly Harun selama ini dikenal sebagai pengamat hukum tata negara dan bukan tim sukses Jokowi – JK.

Pembicaraan tentang bagi-bagi jatah jabatan di BUMN pada 17 Maret 2015 ketika beberapa BUMN melakukan rotasi jabatan melalui RUPS. Tercatat terdapat 11.357 tweet membicarakan bagi-bagi jatah pimpinan BUMN bagi kader parpol, tim sukses dan relawan. Refly Harun sebenarnya tidak sendirian, terdapat banyak nama yang ditengarai memperoleh jabatan di BUMN karena perannya sebagai kader parpol PDIP, tim sukses dan bahkan juga relawan.

Dari 11.357 percakapan tentang penempatan posisi di BUMN, tidak semua kader mendapatkan sorotan dari publik di media sosial. Setidaknya terdapat tiga (3)  nama yang paling banyak dibicarakan, yaitu Mustafa Abubakar, Rizal Ramli dan Refly Harun. Pembicaraan tentang Mustafa Abubakar yang ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk mencapai 1.521 kicauan. Pada umumnya tidak ada pembicaraan yang mengarah pada sentimen negatif selain dianggap bagi-bagi jatah jabatan dan adanya pendapat Mustafa Abubakar tidak kompeten karena tidak berlatar belakang sebagai bankir.

Pembicaraan yang cukup tinggi adalah tentang Rizal Ramli. Tokoh yang terkenal sebagai ekonom ini mendapatkan jabatan sebagai Komisaris Utama PT. Bank Negara Indonesia (Persero). Jumlah pembicaraan hingga 25 Maret 2015 mencapai 3.693 kicauan. Pengangkatan Rizal Ramli jadi cukup ramai dibicarakan di media sosial, terutama Twitter. Dari segi personal, sebagian besar pembicaraan tentang penempatan Rizal Ramli tidak menuai sentimen negatif. Justru pembicaraan lebih mengarah kepada usaha penguasa untuk membungkam kritik soal kebijakan ekonomi.

Nama lain yang cukup tinggi dibicarakan seputar pengangkatan sebagai komisaris di BUMN adalah Refly Harun. Jumlah pembicaraan tentang Refly Harun mencapai 4.678 kicauan. Pembicaraan tentang Refly Harun sebagai Komut Jasa Marga terbilang tinggi. Pasalnya latar belakang Refly sebagai pengamat hukum tata negara tidak bersesuaian dengan bisnis PT. Jasa Marga.

Walaupun tidak banyak, beberapa tweet menyentil Fadjroel Rachman terkait pengangkatan Refly Harun sebagai Komut Jasa Marga. Beberapa tweet menyampaikan kira-kira Fadjroel Rachman akan mendapatkan jabatan apa ya?

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend