Reshuffle Kabinet Jilid II, Netizen Bicarakan Bergabungnya PAN Dalam Kabinet

Reshuffle Kabinet Jilid II – sumber foto: Istimewa

Beberapa waktu ini, berhembus kabar Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle Kabinet Jilid II. Isu reshuffle ini semakin kencang setelah Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Totok Daryanto menyebut pihaknya telah menyodorkan 5 nama kader PAN kepada Presiden. Totok menegaskan kelima nama tersebut merupakan permintaan Jokowi untuk kursi menteri.

“Mereka qualified (memenuhi kualifikasi) semua. Sekarang tinggal kewenangan Presiden,” papar Totok sebagaimana dikutip dari Kompas.com

Menanggapi kabar tersebut, tim komunikasi Presiden Ari Dwipayana membantah adanya rencana reshuffle kabinet. Terkait dengan pengajuan nama calon menteri dari PAN, Ari menyebut jika pun ada reshuffle, Presiden tidak akan membasiskan pada dukungan partai, melainkan pada evaluasi kerja.

“Beliau tidak menekankan itu (dukungan politik). Saya tekankan fokus Presiden ke performa kabinet. Kalaupun itu ada (reshuffle), basisnya evaluasi,” jelas Ari sebagaimana dikutip dari Kompas.com

Sementara itu, Partai Nasdem menolak secara tegas wacana reshuffle kabinet untuk mengakomodir PAN. Kepala Kelompok Fraksi Nasdem Luthfi A Mutty menyebut jika Presiden Jokowi melakukan reshuffle karena PAN, maka Presiden akan menodai koalisi tanpa syarat yang telah dibangun sejak awal pemerintahan.‎

“PAN kan baru-baru saja masuk kabinet, kalau kemudian di tengah jalan dikasih `jatah` kursi menteri, apa partai lain enggak marah? Partai-partai lainnya dalam KIH sudah berdarah-darah lho memenangkan Jokowi-JK,” tegas Luthfi sebagaimana dikutip dari Liputan6.com

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas kabar reshuffle kabinet untuk mengakomodir masuknya PAN? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 21 – 22 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 4.306 tweet membicarakan tentang wacana reshuffle kabinet jilid II.

Netizen menyebut, reshuffle kabinet kali ini didorong masuknya PAN ke dalam koalisi partai pendukung pemerintah. Hal ini disebut netizen lewat 1.742 tweet. Lebih lanjut netizen menyatakan penasaran atas kebenaran reshuffle kabinet serta berapa jatah menteri untuk PAN. Netizen menyatakan rasa penasaran ini lewat 446 tweet.

Sementara itu, netizen juga menyebut, Partai Nasdem tegas menolak reshuffle kabinet untuk mengakomodir kepentingan PAN. Netizen nyatakan dukungan atas sikap Nasdem tersebut melalui cuitan sebanyak 936 tweet.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend