Ridwan Kamil Putuskan Tidak Maju Pilgub DKI 2017, Netizen Sampaikan Dukungan

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil akhirnya memutuskan untuk tidak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017. Padahal telah cukup lama nama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ini digadang-gadang menjadi calon kuat dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017 mendatang.

Sebelumnya Ridwan Kamil dianggap saingan terberat calon yang sudah memastikan diri ikut, yakni Gubernur DKI Jakarta saat ini, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dia bahkan sempat dilirik untuk diusung beberapa partai politik, namun pada hari Minggu kemarin, Ridwan Kamil akhirnya melontarkan pernyataan tegasnya untuk tidak ikut dalam pemilihan Gubernur Jakarta 2017.

“Untuk kebaikan yg lebih besar, hari ini saya memutuskan untuk TIDAK ikut pemilihan Gubernur Jakarta 2017. Hatur nuhun”, kicaunya pada akun twitternya @ridwankamil, Minggu, sekitar pukul 20.28 (28/02/2016).

Pria yang akrab disapa kang Emil ini pun menegaskan akan maju di Pilgub DKI, namun setelah menyelesaikan tugas-tugasnya di Bandung. “Saya bakal maju ke Jakarta, tapi tidak sekarang! Oleh karena itu, saya akan menghabiskan sisa jabatan saya di Bandung,” tuturnya.

Permasalahan Bandung disebutkannya masih banyak. Kemacetan, banjir, dan PKL menjadi beberapa tantangan yang ingin disempurnakannya menuju Kota Bandung yang lebih baik. “PKL, banjir, dan kemacetan yang masih belum selesai. Itu masih jadi tantangan saya,” ujarnya.

Pantauan redaksi eveline pada linimasa twitter periode 29 Februari 2016, mendapati sebanyak 9.858 tweet netizen perbincangkan mengenai Ridwan Kamil putuskan tidak maju di pilgub DKI 2017. Dengan puncak perbincangan terjadi pada pukul 11.00 WIB sebanyak 4.189 kicauan.

Sementara itu kang Emil juga menyebutkan, banyak warga Bandung yang menyampaikan penolakan jika dia maju ke Pilgub DKI 2017. Di dunia maya, banyak komentar warga Bandung yang melarang Emil melenggang ke Jakarta. Hal ini setelah beberapa kali pria lulusan ITB ini mengeluarkan kicauan terkait kemungkinan dirinya meninggalkan Bandung untuk bersaing memperebutkan kursi Gubernur DKI Jakarta.

“Rekor Muri, itu satu statement beribu komentar. Saya capek bacanya, baru 200 juga yang kebaca. Ini 40 ribu (komentar) dan mayoritas menolak,” ujar Emil.

Berikut ragam komentar, dan dukungan netizen atas keputusan kang Emil tidak maju di pilgub DKI 2017, terpantau tim redaksi eveline. Akun @Herrommy, nampak dengan tegas menyampaikan dukungan dalam kicaunya, “HORE! @ridwankamil DI JABAR 1 AJA, KANG! SIAP BANTU SUKSESKAN!”. Selanjutnya @ridwankamil aamiin YRA… salut Pak Wali konsisten. Sukses mewujudkan kebaikan yang lebih besar… salam hormat”, kicau netizen dengan akun @AndiDewanto, nampak menyampaikan salut atas keputusan kang Emil.

Dia pun mendoakan kepada warga di Ibukota Jakarta semoga dapat memilih gubernur yang pas. Selain itu, Kang Emil juga meminta maaf kepada orang-orang yang selama ini mendukungnya untuk maju di Pilgub DKI. “Kalau sukses di Indonesia tidak harus di Jakarta. Saya mohon maaf kepada mereka yang menyampaikan aspirasi dari segala logika politik, agama, dan ekonomi,” pungkasnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend