Sekjen Nasdem Jadi Tersangka, #BubarkanNasdem Penuhi Linimasa Twitter

Penetapan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK langsung menjadi perbincangan publik. Bukan hanya publik, media sosial pun ramai mengomentari kabar tersebut. Bahkan malam ini, hashtag #BubarkanNasdem pun menjadi top trending topic Indonesia. Hal ini tak terlepas dari janji Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, yang mengatakan bahwa apabila ada kader dari Partai Nasdem yang terlibat korupsi, akan lebih baik bila partainya bubar.

Diberitakan sebelumnya, hari ini KPK resmi menetapkan Sekjen Nasdem, Patrice Rio Capella, sebagi tersangka kasus korupsi. Pria kelahiran Bengkulu 46 tahun silam ini diduga terlibat kasus dugaan gratifikasi dalam proses penanganan perkara bantuan sosial (bansos) daerah serta tunggakan dana bagi hasil dan penyertaan modal sejumlah badan usaha milik daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Penetapan Sekjen Nasdem ini merupakan pengembangan penyidikan dari kasus yang menjerat Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti. Sebelumnya, Gubernur Gatot telah terlebih dulu ditahan KPK atas perkara penyuapan hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara di Medan. Kasus ini juga menjerat pengacara senior OC Kaligis.

Dengan menggunakan platform  Evello Intelligent Tagging System, redaksi Eveline memantau perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 15 Oktober 2015. Sebanyak 14.490 kicauan netizen berisi tentang Sekjen Nasdem yang menjadi tersangka korupsi.

Seperti ditulis sebelumnya, dengan ditetapkannya Sekjen Nasdem sebagai tersangka korupsi, publik pun masih mengingat janji Surya Paloh selaku Ketua Umum Nasdem yang pernah mengatakan bahwa apabila ada kadernya yang tersangkut kasus korupsi, lebih baik partainya tersebut bubar. Pernyataan Surya Paloh ini terdapat pada laman Rmol edisi 3 Juni 2013. Sebanyak 877 tweet dari netizen yang masih mengingat janji Surya Paloh.  Sedang, 6.859 tweet yang berisi sindiran netizen pada Partai Nasdem di twitter dengan hashtag #BubarkanNasdem.

Di halaman Rmol edisi 3 Juni 2013 itu juga tertulis visi misi Nasdem yang diucapkan oleh Surya Paloh. ” Kami tahu diri sebagai partai baru. Tidak sekadar mengejar 3,5 persen semata (suara minimal masuk parlemen). Tapi kami ingin mersetorasi bangsa ini. Kami akan menjaga misi dan visi gerakan perubahan agar bisa tetap terjaga, walapun pemerintahan bukan di tangan Nasdem,” ucap Surya Paloh. Netizen pun juga menyindir restorasi Partai Nasdem hanya sebagai slogan belaka. Itu terlihat dari adanya 289 tweet yang menyatakan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend