Setya Novanto Penuhi Panggilan Kejagung, Netizen Mengawasi

Mantan Ketua DPR, Setya Novanto akhirnya memenuhi panggilan Kejaksaan Agung pada Kamis 4 Februari 2016, terkait dugaan pemufakatan jahat bersama dengan pengusaha Muhammad Riza Chalid mengenai perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Kejaksaan agung mengatakan bahwa pemeriksaan ini merupakan proses awal sebelum dilanjutkan ketahap selanjutnya.

Ketua Fraksi Golkar, Setya Novanto diperiksa sebagai  saksi dalam kasus yang dikenal dengan nama ‘Papa Minta Saham’ ini, setelah beberapa kali mangkir dari panggilan Kejagung. Terakhir pada 27 Januari 2016 pria yang akrab disapa Setnov itu mengirimkan surat permohonan penundaan ke Kejagung karena berhalangan.

Pantauan redaksi eveline pada periode 4 Februari 2016 di media sosial twitter, mendapati sebanyak 1.455 tweet perbincangan Setya Novanto penuhi panggilan Kejagung hingga berita ini diterbitkan. Puncaknya terjadi terjadi pada pukul 10:00 WIB dengan kicauan 468 tweet.

Kasus ini bermula dari laporan Menteri ESDM yang mengadukan Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) karena diduga telah mencatut nama Presiden dan Wapres dalam perpanjangan kontrak Freeport. Bukti rekaman pembicaraan antara Setya Novanto, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, dan pengusaha minyak M Riza Chalid yang berisi dugaan pencatutan nama sudah diserahkan ke MKD.

Dalam putusan sidang MKD, mayoritas anggota Mahkamah Kehormatan Dewan menilai Ketua DPR Setya Novanto telah melakukan pelanggaran etika karena mengadakan pertemuan dengan Direktur PT Freeport bersama pengusaha M. Riza Chalid, dan melakukan pembicaraan di luar kewenangannya. Dalam sidang yang digelar di Gedung DPR, Rabu, 16 Desember 2015, sembilan dan 17 anggota MKD menyatakan, Setya telah melanggar etik sebagai anggota DPR.

Berikut cuitan yang dirangkum redaksi eveline terkait Setya Novanto penuhi panggilan Kejagung. Akun @RapplerID mencuit “Setelah mangkir tiga kali, Setya Novanto akhirnya penuhi panggilan Kejaksaan Agung”.

Ada yang mencuit agar terus mengawal kasus Setya Novanto ini, akun @irvanababil10 yang berkicau “untuk anda agar tidak kecolongan seperti yang mengawasi Setya NovantoAkun Triomacan2000 ‏lewat akunnya @TM2000Ronin juga mengingatkan dengan berkicau “Jng bahas isu baru..ntar pemeriksaan setya novanto #papamintasaham freeport lenyap ditelan angin”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend