Sidang Ahok di Kementan Kembali Digelar, Netizen Kicaukan Tagar #FreeAhok

Sidang Ahok di Kementan Kembali Digelar, Netizen Kicaukan Tagar #FreeAhok

Sumber foto: detik / entergoal

Sidang kasus dugaan penistaan agama oleh terlapor Basuki Tjahaja Purnama kembali digelar di Gedung Kementerian Pertanian (Kementan), Selasa (10/1). Dalam sidang kali ini, jaksa penuntut umum akan menghadirkan lima saksi. Mereka diantaranya Irena Handono, Pedri Kasman, Ibnu Baskoro, Muhammad Burhanuddin dan Willyudin Abdul Rasyid Dhani.

Saksi pertama, Irena Handono merupakan salah satu saksi pelapor untuk kasus dugaan penistaan agama. Saksi kedua, Pedri Kasman  adalah Sekretaris Pusat Pemuda Muhammadiyah. Sementara saksi lainnya yakni Muhammad Burhanuddin adalah saksi yang seharusnya hadir pada sidang pekan lalu. Sayang, karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk hadir dalam persidangan, ia harus absen.

Sedangkan saksi terakhir adalah Willyudin Abdul Rasyid Dhani, yang merupakan Sekretaris Forum Umat Islam Bogor. Dia tercatat pernah menjadi anggota MUI Kota Bogor.

Seperti sidang- sidang sebelumnya, sidang kali ini di Kementan juga ramai dihadiri oleh massa pro dan kontra Ahok. Ada 2 lokasi yang telah disiapkan polisi untuk massa yang berbeda pandangan itu. Sebelum memulai orasi, 2 kubu massa itu menyanyikan lagu Indonesia Raya tetapi tidak dalam waktu yang sama.

Dua kubu massa itu dipisahkan polisi menggunakan kawat berduri. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, massa yang sebagian besar menggunakan pakaian serba putih pun bersalawat.

Dikutip dari Detik, di depan Gedung Kementan, Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017) massa mulai mendatangi lokasi pada pukul 6.20 WIB. Mereka langsung mengisi tempat yang disediakan di depan Gedung Kementan. Personel polisi terlihat berjaga di tengah kerumunan massa.

Massa yang datang terlihat membawa mobil komando dan sejumlah spanduk. Petugas yang berjaga di lokasi merupakan personel gabungan kepolisian dan TNI.

Di dunia maya, pengguna media sosial twitter juga nampak tak mau ketinggalan. Pengguna twitter yang diduga merupakan pendukung Ahok ramai berkicau menggunakan tagar #FreeAhok. Tagar ini pun bertengger di top trending topic Indonesia. Berikut beberapa kicauannya.

Pemilik akun @di_HatiKecil berkicau menyebut sudah saatnya warga Jakarta memberikan dukungan pada gubernur mereka. “Ahok udh kerja keras buat kita.Pergi pagi plg malam.Sering ngorbanin wkt keluarga.Skg giliran kita utk bela Ahok utk Jkt #FreeAhok.”

Ada juga yang menyebut Ahok harusnya bisa memenangkan sidang karena saksi- saksi di sidang sebelumnya kredibilitasnya perlu dipertanyakan. “di persidangan lalu, saksi-saksi yg kredibilitasnya perlu dipertanyakan,klo hakim objektif,sidang ini dimenangkan Ahok #FreeAhok #FreeAhok.”

Pekan lalu, JPU sudah memeriksa empat saksi dari pihak pelapor atas nama Habib Novel Chaidir Bamukmin, Habib Moechsin Alatas, Gusjoy, dan Syamsu Hilal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *