Sidang Rio Capella Tak Didatangi Surya Paloh Jadi Perbincangan Netizen

sidang rio capella tak dihadiri surya paloh

Sidang Rio Capella hari ini jadi perbincangan publik. Kehadiran Surya Paloh sebagai saksi dalam persidangan kasus Patrice Rio Capella sangat penting. Pasalnya Surya diketahui memiliki kaitan dalam kasus suap yang diterima Rio Capella dari Evy Susanti sebesar 200 juta, istri gubernur Sumatera Utara non aktif, Gatot Pujo Nugroho. Suap tersebut bertujuan untuk menjembatani pengamanan kasus Bansos Sumut di Kejagung.

Namun Surya Paloh lagi-lagi mangkir dari panggilan jaksa KPK di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagai saksi dalam lanjutan persidangan tersebut yang di gelar hari ini Senin (30/11/2015). Hakim Artha Theresia Silalahi juga menyampaikan bahwa “Surya Paloh mengirimkan surat karena pada pukul 09.30 waktu Singapura harus terbaring di RS Mount Elizabeth,”.

Padahal pada minggu sebelumnya Senin (23/11) lalu ia juga tidak dapat hadir memenuhi undangan pengadilan tanpa keterangan yang jelas.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas rencana menghadirkan Surya Paloh di persidangan Patrice Rio Capella? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 29 – 30 November 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 5.326 tweet yang memperbincangkan rencana menghadirkan Surya Paloh di persidangan Patrice Rio Capella.

Surya Paloh yang batal hadir untuk memenuhi panggilan jaksa KPK menuai kicauan Netizen pada linimasa Twitter sebanyak 3.011 tweet, Netizen sebut Surya Paloh batal hadir di persidangan.

Sebagian Netizen lain menyebutkan sebanyak 998 tweet, Surya Paloh dalam keadaan sakit. Sedang 454 kicauan melalui akun twitternya Netizen juga sebut Surya Paloh Menjalani perawatan di Singapura.

Karena sudah dua kali mangkir, dan persidangan harus tetap dilanjutkan maka majelis hakim akhirnya memutuskan agar jaksa penuntut umum dari KPK membacakan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) Surya Paloh. BAP Surya Paloh itu dianggap sebagai kesaksian Surya Paloh yang benar. BAP Surya paloh setebal 5 halaman itu akhirnya selesai dibacakan dalam waktu kurang dari 15 menit.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend