Soal Harta Kekayaan Djarot, Edy Rahmayadi, dan JR Saragih, Netizen: Rakyat Cari Yang Bersih Korupsi

Harta Kekayaan

(Sumber Foto: inilah.com)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta calon kepala daerah yang berlaga dalam pemilihan kepala daerah 2018 segera memasukkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). KPK membuka 20 posko sebagai tempat melaporkan LHKPN untuk keperluan pilkada 2018.

Ada lebih dari 360 calon kepala daerah yang sudah melaporkan LHKPN. KPK berharap calon kepala daerah menyampaikan informasi secara benar. Untuk di Sumut, ada tiga calon gubernur yang dipastikan akan berlaga, yakni Edy Rahmayadi, JR. Saragih, dan Djarot Saiful Hidayat.

Dihimpun dari inilah.com, ketiga nama calon gubsu itu sebelumnya telah melaporkan harta kekayaan mereka. Calon gubernur Sumut jagoan PDIP, Djarot Saiful Hidayat tercatat memiliki harta kekayaan sebanyak Rp 6.295.603.364. Jumlah tersebut dapat diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dimasukkan Djarot ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 6 Oktober 2016.

Selain Djarot, Edy Rahmayadi diketahui terakhir memasukkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 27 Agustus 2012. Dari data laporan itu tercatat harta Edy Rahmayadi mencapai Rp4.861.100.000.  Edy Rahmayadi dipasangkan dengan Musa Rajekshah sebagai wakil. Pasangan ini didukung oleh Partai Golkar, Gerindra, Hanura, PKS, PAN, dan NasDem dengan total dukungan kursi DPRD sebanyak 60.

Sementara itu, Jopinus Ramli (JR) Saragih tercatat sudah empat kali memasukkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terakhir, JR Saragih mengirim LHKPN pada 4 Agustus 2016. Dari laporan itu diketahui JR Saragih memiliki total kekayaan Rp46.781.656.485 pada tahun 2015 dan meningkat pada tahun 2016 menjadi Rp. 63.315.856.496. Dengan demikian, JR Saragih tercatat sebagai calon Gubsu terkaya.

Berikut pantauan redaksi eveline, mendapati komentar netizen di media social soal harta kekayaan tiga calon gubernur Sumut. “jd Edy Rahmayadi tercatat paling sedikit hartanya ya (semoga Edy amanah dan bersih, hingga kpk tak perlu turun tangan)….di sumut korupsi itu jadi no 1 masalah utama yang dihadapi rakyatnya selain kriminalitas…”, tulis Opie nampak berharap Edy Rahmayadi bersih korupsi.

Hal senada disampaikan netizen lain dengan akun putri, berharap agar warga Sumut mendapat pemimpin yang bersih korupsi, “Harta Kekayaan Edy Rahmayadi tidak lebih besar dari Djarot, apalagi JR Saragih yang 63 M ya……tapi yang rakyat cari yang paling bersih korupsi pastinya…”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend