Soal Jokowi Akan Urus Pungli Rp10 Ribu, Netizen: Piawai Memainkan Pengalihan Isu

pungli

(Sumber foto: Nasional – Kompas.com/Politik Hal.1 – RMOL.CO)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan turut memberantas pungutan liar (pungli), meski hanya sebesar Rp10 ribu. Ucapan itu menyusul kritikan terhadapnya karena mendatangi langsung Kementerian Perhubungan saat Kepolisian tengah menggelar operasi tangkap tangan di sana terkait pungli yang jumlahnya dianggap kecil.

“Bukan hanya Rp500 ribu atau Rp1 juta, urusan Rp10 ribu pun akan saya urus,” kata Presiden dalam acara penyerahan 3.515 sertifikat tanah program strategis 2016 di Surakarta, Ahad (16/10). Seperti dikutip dari republika.co.id

Menurut Jokowi, persoalan bukan terletak pada jumlah uang. Sebab meski dinilai berjumlah kecil, jika dilakukan terus-menerus maka sangat menjengkelkan dan meresahkan sehingga budaya pungli harus diberantas.

Presiden pun menegaskan akan mengurus, mengkontrol, dan mengawasi langsung pelayanan masyarakat agar berjalan baik dan terbebas dari pungli meski dengan nilai kecil sekalipun. “Kalau urusan yang gede, yang miliar, yang triliun itu urusan KPK, tapi yg urusan kecil-kecil biar urusan saya. Urusan Rp10 ribu ngak apa-apa,” katanya.

Sementara sebelum ini, kritik terhadap Jokowi yang urusi pungli kecil salah satunya datang dari Rachmawati Soekarno Putri. Menurutnya, Jokowi terkesan lebih konsen terhadap kasus-kasus korupsi yang nilainya kecil. Dan tidak menggubris kasus besar seperti skandal mega korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) tersebut menjelaskan, mega korupsi BLBI diperkirakan telah merugikan negara hingga Rp700 triliun. Setiap tahunnya, ungkap putri Bung Karno tersebut, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersedot sekira mencapai Rp60 triliun untuk membayar hutang dari rekap BLBI.

“Tiap tahun rakyat Indonesia diperas dari pajak untuk membayar para pengemplang para koruptor-koruptor,” tegasnya. Seperti dikutip dari jawapos.com

Pantauan redaksi eveline, mendapati netizen komentar terkait Presiden Joko Widodo akan urus pungli Rp10 ribu. Berikut komentar netizen pada linimasa twitter. “piawai memainkan pengalihan isu”, dikicaukan akun @RiandiDimas, sampaikan sindiran.

Sindiran serupa juga dilontarkan Rachmawati Soekarno Putri melalui akun twitternya @rsoekarnoputri, “Hebat sekali jokowi memecah perhatian, ketika massa demo menuntut agar AHOK diproses hukum dan dipecat krn menista agama Islam”.  

Tak hanya sebut pengalihan isu, namun netizen juga persoalkan nilai pungli. Akun @G_paseksuardika misalnya, tegaskan bahwa KPK belum pernah tangani kasus korupsi triliunan. “Miliaran trilunan urusan KPK.” Tp @kpk_ri blm pernah tangani triliunan. OTT terakhir 70 juta”. Sedang seorang netizen lain dengan akun @santoe21, nampak meminta kejelasan soal siapa yang akan urus pungli bernilai besar. “Klo pungli besar brti bukan urusan Pak @jokowi , trus urusan spa?”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend