Soal Kewarganegaraan Archandra Tahar, Mahfud MD: Kalau Benar, Ini Ilegal

Soal Kewarganegaraan Archandra Tahar, Mahfud MD: Kalau Benar, Ini Ilegal

Sumber foto: bacaberita / metrotvnews

Kabar tentang kewarganegaraan Menteri ESDM, Archandra Tahar menghebohkan publik. Archandra dikabarkan telah pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika. Soal kabar ini, politisi Mahfud MD pun angkat bicara. Melalui akun twitternya @mohmahfudmd, ia mengatakan bahwa apabila kabar tersebut benar, ini adalah sebuah hal yang ilegal.

Jabatan menteri, sesuai dengan peraturan UU No. 39 Th 2008 adalah berkewarganegaraan Indonesia. Dan bagaimana bisa seorang Archandra Tahar yang merupakan warga negara lain bisa menyandang jabatan tersebut pada akhir Juli 2016 lalu menggantikan Menteri ESDM sebelumnya, Sudirman Said.

Apabila kabar ini benar, Mahfud mengatakan bahwa Archandra tidak jujur pada Presiden Joko Widodo akan jati dirinya. Bahkan, mantan Menkumham ini juga menyebut Archandra adalah seorang yang tidak mempunyai nasionalisme.

Baca: Pro Kontra Netizen Soal Dugaan Menteri Archandra Tahar Berkewarganegaraan Amerika

Namun, guru besar Fakultas Hukum UII Yogyakarta tersebut juga mengutarakan bahwa ada kemungkinan juga kabar tentang Archandra ini adalah fitnah belaka. Apabila kabar tentang kewarganegaraan Menteri ESDM itu tidak benar, Mahfud mengatakan bahwa kita harus kembali mendukung Archandra agar ia kembali pada posisi yang kuat dan dapat bekerja dengan efektif.

Diakhir kultwitnya, Mahfud MD meminta pemerintah menjernihkan kabar tersebut. Karena semua ini menyangkut konstitusionalis dan legalitas negara. Tak hanya itu, ini semua juga menyangkut kedaulatan negara kita.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar sedang dilanda isu tak sedap. Hal ini berkaitan dengan status kewarganegaraan Archandra. Dikabarkan, menteri yang baru menjabat pada akhir Juli 2016 tersebut sudah berpindah warga negara, dari Indonesia menjadi warga negara Amerika.

Archandra memegang 2 kewarganegaraan, yakni paspor Indonesia dan Amerika. Paspor ini juga telah digunakan berulang kali untuk keperluan perjalanan ke Indonesia. Ia menjadi warga AS pada Maret 2012 melalui proses naturalisasi dan sudah mengambil sumpah setia pada Amerika Serikat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend