Tak Kunjung Calonkan Risma Walikota Surabaya, Netizen Berang Terhadap PDIP

Pencalonan Kembali Risma Walikota Surabaya – sumber foto: Inilah.com

Hingga saat ini, belum ada kepastian pencalonan kembali Tri Rismaharini sebagai Walikota Surabaya periode 2015-2020 oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dikutip dari Tribunnews. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya belum menentukan sikap. “DPP partai masih akan melakukan evaluasi bagi mereka yang sudah menjabat dan di mata partai dan rakyat punya kualifikasi baik, akan kembali dicalonkan,” kata Hasto di Denpasar, Bali, Minggu (12/4/2015).

Pilkada Surabaya rencananya dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Risma adalah incumbent walikota yang selama ini banyak disorot media sebagai walikota berprestasi, meskin banyak komentar dan kebijakannya yang kontroversial, salah satunya adalah penutupan lokalisasi terbesar di Indonesia, Gang Dolly pada 19 Juni 2014.

Ketidakjelasan pencalonan kembali Risma oleh partai pimpinan Megaati Soekarnoputri memicu beragam spekulasi. Mulai dari kurang disukainya Risma oleh DPD PDIP Jawa Timur hingga kemungkinan Risma diusung partai lain. Hal ini sangat mungkin terjadi karena sudah ada beberapa partai yang secara tersirat berminat meminang Risma untuk mereka calonkan di Pilkada mendatang. Partai tersebut antara lain Partai Demokrat, Gerindra hingga PKS.

Bagaimana publik, khususnya netizen Surabaya menanggapi tarik ulur pencalonan kembali Risma sebagai Walikota? Berikut Eveline merangkumnya untuk Anda.

Pemantauan dilakukan terhadap pembicaraan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 1 – 13 April 2015. Di mana terdapat total 13.082 tweet bicara tentang pencalonan kembali Risma sebagai Walikota Surabaya. Dari jumlah tersebut, 1.403 tweet optimis menyatakan Risma akan diusung kembali oleh PDI Perjuangan.

Namun optimisme tersebut sepertinya kalah jumlah dibandingkan netizen yang tidak yakin PDIP akan mencalonkan perempuan yang masuk dalam daftar 50 pemimpin terbaik dunia versi majalah Fortune tersebut. Hal ini terlihat dari 4.540 tweet yang dengan nada berang menyatakan ada upaya penjegalan pencalonan Risma oleh internal PDIP Surabaya.

Sementara itu, kabar tentang partai-partai lain yang berminat mengusung kembali Risma sebagai calon Walikota Surabaya periode 2015 – 2020 menarik simpati netizen. Sebanyak 1.400 tweet bicara tentang pencalonan Risma oleh Partai Demokrat, 415 tweet bicara pencalonan oleh Gerindra sementara 236 tweet bicara pencalonan oleh PKS.

Di luar soal partai yang akhirnya akan mengusung Risma, ada yang menarik dari para netizen Surabaya, yang mencuitkan 376 tweet menyatakan bahwa mereka ingin Risma kembali memimpin Surabaya tidak peduli partai apapun yang mengusungnya.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend